Info

Menilik Pengaruh Positif Pandemi Terhadap Kondisi Psikologis Seseorang

Ada juga hal positif meski kita melakukan kegiatan di rumah saja selama pandemi.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi tersenyum. (Shutterstock/Aaron Amat)
Ilustrasi tersenyum. (Shutterstock/Aaron Amat)

Banyak cara agar bisa membuat kita nyaman berada dirumah dalam waktu yang lama, seperti melakukan hobi yang terhambat dan melakukan kegiatan baru. Tallita juga memiliki caranya sendiri untuk membuat dirinya nyaman dan betah berada dirumah.

Ia rutin membersihkan dan menata ulang kamarnya. Selain itu, ia juga rajin mengelola jurnal agenda kegiatan untuk mengisi harinya karena bisa membantunya untuk tetap aware dan on track tentang kegiatannya setiap hari.

Work From Home Bisa Memengaruhi Kondisi Psikologis

Tahukah Anda bahwa kegiatan kita di rumah selama pandemi dapat memengaruhi kondisi psikologis seseorang? Ketika kondisi psikologis kita terganggu, ternyata bisa berpengaruh kepada imunitas tubuh kita. Pada saat ini selain kondisi fisik, kondisi psikologis tubuh kita juga harus diperhatikan karena pandemi Covid-19 dapat memengaruhi psikologis seseorang.

"Secara umum membuat orang lebih waspada, kecemasan dan tingkat kepanikannya meningkat. Untuk orang-orang yang memiliki gangguan psikologis seperti kepanikan yang berlebih bisa nambah meningkat, sedangkan orang yang tadinya biasa-biasa saja bisa jadi paranoid," ujar Ibu Diana Marthalena Usman, psikolog di PIBI Consalting.

Oleh karena itu, jika kita tidak menjaga kondisi psikologis kita, bisa saja secara tidak sadar kita terpapar oleh virus corona.

Ilustrasi berkebun. (pixabay)
Ilustrasi berkebun. (pixabay)

 

Bagaimana Cara Menjaga Kondisi Psikologis selama Pandemi?

Jika kita senang, maka psikologis kita akan terjaga. Dengan melakukan kegiatan yang membuat kita senang, maka hal tersebut bisa membantu kita dalam menjaga kondisi psikologis kita selama pandemi. Tentunya melakukan kegiatannya tetap di dalam rumah.

"Selain kita bisa meningkatkan kualitas bersama keluarga, orang tua bisa lebih kreatif seperti permainan yang anak-anak belum pernah mainkan. Mencari kegiatan yang melibatkan seluruh keluarga. Kemudian bisa juga menuangkan hobi seperti bercocok tanam atau olahraga yang belum bisa dilakukan dan hobi-hobi lainnya. Lalu bisa juga meningkatkan kualitas ibadahnya seperti khatam al-qur’an," kata Ibu Diana soal kegiatan positif yang bisa kita lakukan dirumah.

Ternyata banyak kegiatan positif yang dapat kita lakukan selama dirumah jika kita bisa memanfaatkan waktu kita secara maksimal. Selain itu, jika kita perhatikan, hal ini juga merupakan dampak positif dari pandemi untuk kita. Dari pada kita sibuk dengan berita atau hal-hal tentang virus corona yang membuat kita menjadi panik, lebih baik kita fokus terhadap sesuatu yang bermanfaat bagi kita.

Untuk melakukan stay at home tidak sulit, bukan? Ayo kita lindungi diri kita dan keluarga kita dari penyebaran virus corona, agar pandemi ini bisa cepat berlalu.

(Ayu Salsabila Putri, Institut Bisnis dan Komunikasi London School of Public Relation (LSPR))

Berita Terkait

Berita Terkini