Info

Penting, Ini Aktivitas yang Perlu Dilakukan Usai Vaksin Covid-19

Ada beberapa aktivitas yang seharusnya dilakukan dan dihindari setelah suntik vaksin Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Vaksin, vaksinasi, jarum suntik. (Pixabay)
Vaksin, vaksinasi, jarum suntik. (Pixabay)

3. Jangan mengunjungi keramaian

Vaksinasi bukan berarti seseorang bisa bebas berkerumun atau menghadiri sebuah pesta yang ramai. Seseorang bisa melalui semua itu ketika kekebalan kelompok sudah cukup besar setelah vaksin.

Karena beberapa orang masih berisiko membawa dan menularkan virusnya ke orang lain. Ingat, vaksin hanya akan bekerja untuk mencegah penyebaran virus di dalam tubuh dan belum tentu mengurangi risiko penularan virus corona.

Ilustrasi diskotik [shutterstock]
Ilustrasi diskotik [shutterstock]

4. Boleh merawat pasien virus corona Covid-19

Setelah mendapatkan suntikan dosis lengkap vaksin Covid-19, Anda dipersilakan merawat orang yang mungkin menderita gejala virus corona Covid-19. Karena itu, vaksin Covid-19 diprioritaskan bagi tenaga medis yang berhubungan langsung dengan pasien.

Meskipun, tindakan pencegahan dasar seperti pemakaian masker, jaga jarak dan cuci tangan tetap harus diikuti setelah Anda suntik vaksin Covid-19.

5. Tetap jaga jarak sosial

Jaga jarak 6 kaki adalah cara paling efektif mencegah penularan virus corona Covid-19. Sejumlah penelitian telah membuktikan jarak sosial yang cukup membantu meminimalkan risiko infeksi virus sejak pandemi.

Di satu sisi, aturan jarak sosial ini memang tetap harus diikuti setelah vaksin. Sama halnya dengan protokol kebersihan dasar, menjaga jarak sosial yang aman akan melawan virus corona Covid-19 dan infeksi lainnya yang menyerang di tingkat komunitas.

Berita Terkait

Berita Terkini