Info

Bedakan Gejala Virus Corona, Alergi dan Vaksin Covid-19, Begini Cirinya!

Gejala virus corona Covid-19, efek samping vaksin Covid-19 dan alergi sama-sama memiliki gejala yang hampir mirip.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)
Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)

Himedik.com - Gejala virus corona Covid-19, efek samping vaksin Covid-19 dan alergi musiman sama-sama memiliki gejala yang hampir mirip, sehingga seseorang akan lebih sulit membedakan ketiganya.

Dr Fred Davis, seorang dokter gawat darurat di pusat medis Yahudi Northwell Health Long Island di Long Island, New York, mengatakan seseorang menjadi lebih sulit membedakan alergi dari infeksi virus corona Covid-19, terutama ketika keduanya bisa menyebar pada waktu yang sama dalam setahun.

Tapi, ada beberapa perbedaan Utama di antara ketiganya yang mungkin membuat seseorang lebih mudah membedakannya.

"Saya selalu bertanya tentang gatal dan demam yang merupakan pembeda besar. Alergi biasanya tidak menyebabkan demam tetapi membuat Anda merasa gatal," kata Dr John Whyte, kepala petugas medis dari WebMD dikutip dari Fox News.

Dr John Whyte mengatakan ada satu perbedaan Utama antara infeksi virus corona Covid-19 dan alergi musim semi yang bisa diperhatikan. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) juga membedakan antara gejala alergi dan virus corona.

Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)

Gejala dari keduanya bisa berupa batuk, sesak napas atau kesulitan bernapas, kelelahan, sakit kepala, sakit tenggorokan dan hidung tersumbat atau pilek. Sedangkan, gejala yang sering terjadi pada infeksi virus corona Covid-19 termasuk demam, menggigil, nyeri otot dan tubuh, hilangnya rasa dan bau, muntah dan diare.

"Infeksi virus sering membuat Anda menggigil atau demam dan sangat lelah. Alergi biasanya tidak membuat Anda sangat lelah.Alergi tidak membuat Anda sesak napas atau menyebabkan diare yang bisa terjadi pada orang infeksi virus corona Covid-19," kata Dr John Whyte.

Sementara, vaksinasi virus corona Covid-19 bisa menyebabkan efek samping berupa nyeri di lengan, kelelahan dan sakit kepala. Semua gejala ini biasanya terjadi dalam waktu 4 jam atau lebih setelah vaksinasi dan akan sembuh dalam 24-36 jam.

Secara keseluruhan, Anda disarankan menjalani tes Covid-19 dan mengikuti pedoman CDC untuk menghindari penyebaran penyakit jika tidak yakin dan khawatir Anda mungkin telah terinfeksi virus corona Covid-19.

Anda harus segera menghubungi dokter atau layanan darurat medis bila mengalami kemerahan atau nyeri yang memburuk setelah 24 jam, efek samping mengkhawatirkan atau tidak hilang dalam beberapa hari setelah suntik vaksin Covid-19.

Berita Terkait

Berita Terkini