Info

Wajib Tahu, Buang Air Kecil Sebelum & Setelah Berhubungan Seks Itu Penting

Buang air kecil setelah berhubungan seks sangat penting bagi wanita.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi pasangan bercinta - (Shutterstock)
Ilustrasi pasangan bercinta - (Shutterstock)

Himedik.com - Pakar kesehatan mengimbau kepada pasangan untuk buang air kecil setelah berhubungan seks. Sebab, ini dapat membantu mengurangi risiko terkena infeksi saluran kemih (ISK) setelahnya.

"Dengan buang air kecil sebelum dan sesudah berhubungan seks, aliran urin secara mekanis langsung membersihkan dan membilas bakteri yang bisa saja masuk ke uretra, tempat Anda buang air kecil," kata ginekolog Dr. Alyssa Dweck.

Tidak hanya itu, buang air kecil sebelum berhubungan seks juga bermanfaat karena dekompresi kandung kemih sehingga membuat lebih nyaman.

Buang air kecil sangat penting bagi wanita

Dweck, dilansir Insider, mengatakan buang air kecil setelah berhubungan seks sangat penting bagi wanita. Sebab, uretra mereka lebih dekat dengan anus.

Ilustrasi pasangan harmonis bercinta. (Shutterstock)
Ilustrasi pasangan harmonis bercinta. (Shutterstock)

"Dalam anatomi wanita, uretra, vagina, dan rektrum, semuanya berdekatan satu sama lain sehingga ada kemungkinan lebih tinggi bagi bakteri dari area rektrum mendekati uretra saat berhubungan seks," jelasnya.

Jadi, menurutnya, membuang bakteri tersebut mengurangi kemungkinan terkena ISK.

"Sedangkan pria sebaliknya, memiliki uretra yang lebih panjang," lanjutnya.

Di sisi lain, sebenarnya tidak ada patokan waktu pasti kapan harus buang air kecil setelah berhubungan seks, selama masih dilakukan dalam waktu yang wajar.

"Jadi silahkan dan nikmati pelukan setelah berhubungan seks jika Anda mau. Tapi jika Anda rentan terkena ISK, buang air kecil segera setelah berhubungan mungkin jadi praktik yang paling bermanfaat," imbuhnya.

Tetapi, buang air kecil tidak selalu menghilangkan kemungkinan terkena ISK, tetapi hanya bisa mengurangi risikonya secara signifikan.

Berita Terkait

Berita Terkini