Info

Vaksin AstraZeneca Bisa Lawan Varian Virus Corona India, Ini Temuan Studi!

Studi terbatas menemukan vaksin AstraZeneca bisa melawan varian baru virus corona India.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Vaksin Covid-19, vaksinasi. (Pixabay)
Vaksin Covid-19, vaksinasi. (Pixabay)

Himedik.com - Penelitian dari data terbatas menunjukkan vaksin AstraZeneca cukup efektif melawan varian baru virus corona India. Tapi, studi laboratorium tetap membutuhkan data mengenai hal ini yang lebih besar atau lebih luas di seluruh dunia.

Catatan terbatas menunjukkan vaksin AstraZeneca bisa efektif melawan varian baru virus corona India. Namun, studi laboratorium mengaku tetap membutuhkan data ini dari seluruh dunia yang lebih luas.

Dr Sara Kayat mengatakan sekarang ini para peneliti tidak mengetahui hal tersebut. Tetapi, varian virus corona India terbukti bisa ditularkan melalui varian virus corona Inggris dan lainnya.

Dua jenis vaksin Covid-19 yang digunakan di Inggris, yakni vaksin Moderna dan vaksin Pfizer, nampaknya efektif melawan varian virus corona India. Hal ini didasarkan pada segel persetujuan yang diajukan oleh European Medicine Agency (EMA).

Kedua jenis vaksin Covid-19 itu adalah vaksin mRNA yang merupakan metode inokulasi relative baru. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menjelaskan bahwa vaksin mRNA Covid-19 mneginstruksikan sel untuk membuat protein lonjakan yang tidak berbahaya.

Protein lonjakan ini mirip dengan protein yang ditemukan di permukaan virus corona Covid-19. Begitu sel membangun protein lonjakan, respons imun akan membuat antibodi.

Ilustrasi vaksin Covid-19 (unsplash/@hakannural)
Ilustrasi vaksin Covid-19 (unsplash/@hakannural)

Respons sel kekebalan ini mempersiapkan tubuh untuk melawan virus corona Covid-19 ketika menyerang tubuh. Karena itu, Dr Sara mempersilahkan setiap orang untuk melakukan vaksinasi.

Meskipun vaksin AstraZeneca masih dalam penyelidikan untuk melawan varian virus corona India. Studi awal yang masih terbatas data sudah menunjukkan vaksin ini cukup efektif melawannya.

"Mungkin vaksin ini tidak begitu banyak bekerja dalam mencegah penularan virus corona, tapi vaksin ini bisa mengurangi kematian dan tingkat keparahan gejala ketika terinfeksi virus corona," jelasnya dikutip dari Express.

Artinya, program vaksinasi ini bisa menekan atau mengontrol jumlah pasien virus corona Covid-19 yang membutuhkan perawatan medis di rumah sakit dan orang yang meninggal karena virus tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini