Info

Sikat Gigi Sebelum Atau Setelah Sarapan, Mana yang Lebih Menyehatkan?

Menurut ahli sikat gigi di pagi hari memang disarankan, mana yang lebih sehat sebelum atau setelah sarapan?

Fita Nofiana

Ilustrasi menyikat gigi, sikat gigi. (Pixabay)
Ilustrasi menyikat gigi, sikat gigi. (Pixabay)

Himedik.com - Sikat gigi sebelum atau setelah sarapan pagi memang selera masing-masing. Namun, mana sih yang lebih baik menjaga kesehatan gigi?

Melansir dari Cnet, Madison Kaplan, seorang ahli kesehatan gigi terdaftar di California mengatakan bahwa ia lebih menyarankan untuk sikat gigi setelah sarapan. Hal ini disebabkan karena menyikat gigi setelah sarapan bisa memastikan pembuangan sisa makanan dan minuman yang nyangkut dan menodai gigi. 

Selain itu, menyikat gigi setelah sarapan juga bisa menjaga mulut Anda bebas dari partikel makanan dan bakteri sepanjang hari. Kebiasaan ini juga membuat Anda memiliki lebih sedikit waktu untuk memetabolisme gula dan menurunkan risiko gigi berlubang atau kerusakan email.

Ilustrasi sikat gigi. (Shutterstock)
Ilustrasi sikat gigi. (Shutterstock)


Namun ia menegaskan bahwa jika Anda mengonsumsi makanan atau minuman asam untuk sarapan, mungkin lebih baik menyikat gigi sebelum sarapan atau jangan langsung menyikat gigi. Menyikat gigi segera  setelah mengonsumsi sesuatu yang asam, seperti kopi atau buah dapat merusak email gigi.

Oleh karena itu, American Dental Association merekomendasikan untuk  menunggu 60 menit setelah makan sebelum menyikat gigi. Jika Anda tidak punya waktu untuk menunggu selama satu jam untuk menyikat gigi setelah sarapan, maka berkumurlah dengan air agar makanan tidak tersangkut di antara gigi dan minuman yang berpotensi menodai. 

"Semakin Anda dapat membuang makanan dan bakteri, kesehatan mulut yang lebih optimal akan Anda capai," kata Kaplan. Yang penting menurut Kaplan, Anda harus menyikat gigi tanpa berlebihan dan terlalu kasar yang bukannya membersihkan namun malah merusak gigi. 

Berita Terkait

Berita Terkini