Info

Selain Sikat Gigi, Dokter Sebut Makanan Juga Bisa Bantu Jaga Kesehatan Gigi

Dokter gigi mengatakan beberapa makanan bisa membantu menjaga kesehatan gigi.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi gigi. (Pixabay)
Ilustrasi gigi. (Pixabay)

Himedik.com - Dr Khaled Kasem, seorang dokter gigi menawarkan beberapa perawatan untuk menjaga kesehatan gigi. Perawatan ini tak hanya sekadar sikat gigi, flossing maupun menghindari konsumsi makanan manis.

Dr Kasem menunjukkan bahwa makanan yang dikonsumsi berperan penting dalam menjaga kesehatan gigi. Misalnya produk susu, terutama keju bisa memperkuat gigi Anda.

Dr Kasam telah menguji kalsium dan vitamin D dalam susu, yang Ternyata berkontribusi pada gnashers yang lebih kuat. Jika Anda ingin gigi seputih mutiara, Dr Kasam juga mengatakan asam laktat dalam keju bisa membantu mengangkat noda dari enamel gigi.

Cara lain untuk meningkatkan kesehatan gigi adalah makan cokelat atau dark chocolate. Karena, agen anti-bakteri dalam cokelat hitam bisa membantu melawan gigi berlubang.

Tapi, bukan berarti Anda harus memanjakan diri dengan memakai cokelat setiap hari. Karena, Anda hanya membutuhkannya dalam porsi kecil untuk mendapatkan manfaatnya.

Ilustrasi Cokelat (freepik)
Ilustrasi Cokelat (freepik)

Selain cokelat, Anda juga bisa mengonsumsi apel untuk menjaga kesehatan gigi. Karena, kandungan nutrisi dalam apel juga bisa meningkatkan produksi salvia.

Peningkatan air liur atau salvia ini berfungsi sebagai penlindung gigi dan membantu menghilangkan plak gigi secara alami. Buah-buahan lain yang juga memiliki manfaat serupa, antara lain strawberry dan blueberry.

"Strawberry mengandung xylitol dalam jumlah tinggi, yang bertanggung jawab untuk menyerang bakteri penyebab plak gigi. Sedangkan, blueberry bisa mencegah penyakit gusi, seperti gingivitis dan periodontitis" kata Dr Kasam dikutip dari Express.

Selain itu, Dr Kasam juga menyebutkan bahwa seledri salah satu sayuran yang paling direkomendasikan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut karena memiliki sifat anti-bakteri alami.

"Konsumsi seledri dalam bentuk jus, sup atau krim bisa membantu meningkatkan produksi air liur untuk membersihkan gigi secara alami," katanya.

Jadi, Ingatlah bahwa menjaga kesehatan gigi adalah kunci untuk membantu mencegah gigi berlubang dan bermasalah.

Berita Terkait

Berita Terkini