Info

Jangan Kebiasaan Gigit Kuku Seperti Ayu Ting Ting, ini 5 Dampaknya1

Kebiasaan gigit kuku seperti Ayu Ting Ting bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Shevinna Putti Anggraeni

Pedangdut Ayu Ting Ting [Suara.com/Alfian Winanto]
Pedangdut Ayu Ting Ting [Suara.com/Alfian Winanto]

Himedik.com - Pedangdut Ayu Ting Ting mengaku memiliki kebiasaan aneh suka menggigit kuku. Ayu mengaku sudah kebiasaan menggigit kuku sejak kecil, termasuk menggigit kuku kaki.

"Biasanya kalau kuku panjang dikit gue gigit-gigit. Sampai ke kaki juga gue gigit kukunya," ujar Ayu Ting Ting di YouTube Armand Maulana.

Padahal kebiasaan menggigit kuku kaki yang tak hilang seiring bertambahnya usia bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit. Sayangnya, banyak orang mungkin mengabaikan bahayanya.

Berikut ini dilansir dari Hellosehat, 5 macam penyakit yang bisa terjadi akibat kebiasaan menggigit kuku.

1. Peradangan kuku

Kebiasaan menggigit kuku bisa menyebabkan terjadinya peradangan dan pembengkakan pada jari kuku. Kondisi ini disebabkan oleh air liur yang mengandung komposisi kimia untuk memecah lemak dan molekul makanan.

Karena itu, air liur yang keluar ketika menggigit kuku bisa menyebabkan peradangan, bibir pecah-pecah dan merusak kulit di sekitar kuku.

Ilustrasi gigit kuku. (sumber: Shutterstock)
Ilustrasi gigit kuku. (sumber: Shutterstock)

2. Masalah kesehatan gigi

Kebiasaan menggigit kuku juga akan berdampak pada kesehatan gigi dan mulut. Posisi gigi bisa bergeser dari posisinya dan menyebabkan email gigi pecah.

Selain itu, gusi Anda juga berisiko mengalami infeksi dan pembengkakan akibat kebiasaan buruk tersebut.

3. Kutil periungual

Orang yang suka gigit kuku juga bisa mengalami kutil periungual, yakni kondisi yang awalnya tidak menimbulkan rasa sakit karena ukurannya kecil. Kutil periungual bisa menyebabkan rasa sakit jika pertumbuhannya masih besar dan penampilan di sekitar kuku akan memburuk.

4. Herpetic whitlow

Kebiasaan suka gigit kuku bisa memicu herpetic whitlow, yakni penyakit yang disebabkan oleh virus herpes simplex jenis 1 dan jenis 2. Virus ini bisa masuk melalui kulit jari yang terbuka, yang biasanya terjadi ketika Anda sedang menderita herpes oral.

5. Infeksi

Anda berisiko mengalami infeksi pada kuku jari bila kebiasaan menggigit kuku, terutama yang berukuran besar. Karena, kulit halus di bawah kuku akan terlihat bila kuku sudah tercabut.

Bagian itulah yang sangat rentan terkena infeksi paronikia, yakni infeksi kulit yang muncul di sekitar kuku jari tangan dan kaki. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri dan jamur.

Berita Terkait

Berita Terkini