Info

Awas, 3 Posisi Tidur ini Bisa Pengaruhi Kualitas dan Kesehatan Tubuh!

Beberapa posisi tidur bisa mempengaruhi kualitas tidur dan kesehatan tubuh tanpa disadari.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi tidur. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)
Ilustrasi tidur. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)

Himedik.com - Kurang tidur telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, dari penyakit jantung, tekanan darah tinggi, sistem kekebalan lemah, dan libido rendah. Karena itu, tidur yang cukup adalah kunci utama dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Ada berbagai faktor yang bisa mempengaruhi kualitas tidur Anda, termasuk gaya hidup dan pola makan. Tapi, banyak orang yang tidak tahu kalau posisi tidur juga bisa mempengaruhi kualitas tidurnya.

Berikut ini dilansir dari Times of India, tiga posisi tidur yang paling mempengaruhi kesehatan.

1. Tidur tengkurap

Tidur tengkurap salah satu posisi tidur paling umum yang tidak nyaman dan bisa mempengaruhi pola tidur seseorang. Seseorang bisa tidur dengan posisi ini bila memiliki masalah mendekur dan menderita sleep apnea.

Tapi, posisi tidur tengkurap juga bisa menyebabkan sakit leher dan punggu. Padahal, masalah ssakit punggung bisa diatasi dengan meletakkan bantal di bawah perut bagian bawah.

Ilustrasi tidur tengkurap (Unsplash/Gregory Pappas)
Ilustrasi tidur tengkurap (Unsplash/Gregory Pappas)

2. Tidur telentang

Posisi tidur telentang bisa meningkatkan Kesejajaran tubuh, menjaga kesehatan tulang otot, persendian dan otot. Orang yang menderita sleep apnea, sakit punggung, dan masalah mendengkur bisa tidur dengan posisi ini. Bahkan, posisi tidur telentang juga bisa meredakan nyeri lutut dan pinggul.

3. Tidur meringkuk

Posisi tidur meringkuk seperti janin bisa membantu mengatasi nyeri punggung bawah. Posisi tidur ini cukup membantu bagi ibu hamil dan orang yang memiliki masalah mendengkur. Tapi, posisi tidur ini juga tidak nyaman karena bisa menyebabkan tubuh pegal dan sesak napas.

Berita Terkait

Berita Terkini