Info

Sedang Menurunkan Berat Badan? Ini 6 Tips Menekan Nafsu Makan

Menekan nafsu makan secara alami dapat digunakan sebagai salah satu metode yang cocok bagi anda yang ingin menurunkan berat badan.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi makan. (Pexels/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi makan. (Pexels/Andrea Piacquadio)

Himedik.com - Dalam upaya memiliki berat badan yang ideal, anda perlu menekan nafsu makan yang tinggi. Ada beberapa tips menekan nafsu makan yang dapat kalian coba.

Perlu diketahui bahwa dalam melakukan penurunan berat badan, ada tata cara yang perlu diperhatikan. Agar tidak muncul efek buruk ke tubuh. Makanya, tips menekan nafsu makan secara alami berikut ini perlu diperhatikan.

Berikut tips menekan nafsu makan secara alami bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, mari simak!

Pengertian Nafsu Makan

Sebelum kita lebih jauh membahas tentang cara mengurangi nafsu makan, terlebih dahulu kita mengerti apa yang dimaksud dengan nafsu makan. Perlu digaris bawahi bahwa nafsu makan sejatinya memiliki perbedaan dengan rasa lapar.

Ketika kita sedang merasa lapar maka tubuh kita akan merespon dengan rasa lapar. Berbeda dengan nafsu makan, umumnya nafsu makan muncul bukan sebagai respon karena tubuh merasa lapar, melainkan cenderung muncul ketika tubuh sedang merasa stres.

Oleh karena itu mengontrol nafsu makan secara alami dapat digunakan sebagai salah satu metode yang cukup cocok bagi anda yang ingin menurunkan berat badan.

Tips Menekan Nafsu Makan Secara Alami

1.       Istirahat yang cukup

Seperti yang kita ketahui bahwa istirahat merupakan cara paling mudah bagi kita untuk menghindari stres. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa stres merupakan salah satu pemicu utama tidak terkontrolnya nafsu makan.

Ketika badan kita sudah mendapatkan istirahat yang cukup maka kita dapat meminimalisir tingkat stres yang mungkin terjadi. Itulah tips menekan nafsu makan secara alami yang pertama.

2.       Minum air sebelum makan

Cara kedua adalah dengan cara meminum air sebelum mulai makan. Langkah ini dapat dilakukan agar perut menerima sinyal bahwa sudah ada sesuatu yang masuk ke dalam perut kita.

Hasilnya, kita akan merasa kenyang dengan porsi makan yang relatif sedikit. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai anda merasa kembung karena terlalu banyak minum air.

3.       Makan menggunakan piring kecil

Cara ini termasuk dalam cara yang cukup efektif dalam menekan nafsu makan. Ini menjadi salah satu yang cukup tricky menurut saya. Karena kita akan bermain dengan alam bawah sadar kita terkait dengan kuantitas makanan yang kita makan.

4.       Olahraga sebelum makan

Selain dengan cara di atas, cara ini juga termasuk cara tricky yang patut untuk dicoba. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ketika kita sedang olahraga akan mempengaruhi kadar hormon dalam tubuh kita yang dapat membuat turunnya perasaan untuk makan.

5.       Memakan lemak sehat

Lemak sehat yang dimaksud disini dapat berupa lemak Omega-3 atau yang juga dikenal dengan minyak ikan. Lemak yang satu ini dipercaya dapat meningkatkan rasa kenyang saat dimakan. Sehingga cocok untuk dimakan bagi anda yang ingin menekan nafsu makan secara alami.

6.       Perbanyak serat

Tips menekan nafsu makan yang terakhir adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan yang memiliki serat tinggi. Serat tinggi dapat anda temui pada beragam jenis sayuran, buah-buahan dan biji-bijian.

Demikian adalah ulasan tentang tips menekan nafsu makan secara alami. Semoga dapat memberikan wawasan pengetahuan baru bagi anda yang ingin menurunkan berat badan secara alami.

(Suara.com/Rifan Aditya)

Berita Terkait

Berita Terkini