Info

9 Efek Samping Vaksin Pfizer, Mulai dari Lelah hingga Nyeri Dada

Efek samping vaksin pfizer bisa terjadi meliputi beberapa hal ini.

Yasinta Rahmawati

Vaksin, vaksinasi. (Pixabay)
Vaksin, vaksinasi. (Pixabay)

Himedik.com - Vaksin pfizer menjadi salah satu jenis vaksin yang digunakan pemerintah Indonesia untuk mengatasi penyebaran virus Covid-19

Vaksinasi dapat memberikan manfaat perlindungan tapi ada kemungkinan akan mengalami efek samping, termasuk ketika mendapatkan vaksin pfizer. Efek samping vaksin pfizer bisa terjadi karena sebab-sebab di bawah ini. 

Dilansir dari jurnal The BMJ, pada 11 Juli 2021, sebanyak 33.455.291 dosis vaksin Pfizer diberikan kepada warga Spanyol dan dari total vaksin tersebut, ada 17.387 pemberitahuan efek samping yang diterima FEDRA. Mayoritas yang mengalami efek samping vaksin pfizer adalah wanita sebanyak 79 persen dan orang-orang dengan usia antara 18-65 tahun sebanyak 83 persen. 

AEMPS (Badan Obat dan Produk Kesehatan Spanyol) menyatakan ada empat dugaan efek samping vaksin pfizer, antara lain:

  1. Mengalami Asthenia (kekurangan energi)
  2. Mengalami Kelesuan (keadaan acuh tak acuh)
  3. Nafsu makan berkurang
  4. Mengalami hiperhidrosis malam hari (mengalami keringat berlebihan di malam hari)

Vaksin Pfizer dirumorkan jadi penyebab penyakit darah langka

Peneliti di Institute of Hematology di Shamir Medical Center Israel mengklaim menemukan vaksin Pfizer covid-19 kemungkinan mengembangkan penyakit arah langka thrombotic thrombocytopenic purpura (TTP). Para peneliti mendadak melihat peningkatan pada TTP, setidaknya ada empat kasus terdeteksi dalam satu bulan.

Padahal sebelumnya, paling tidak hanya dua atau tiga dalam setahun. Bukti hubungan antara vaksin pfizer dengan TTP adalah pada hubungan kronologis antara vaksinasi pasien dengan kemunculan gejala TTP. 

Lebih jelasnya TTP merupakan autoimun parah yakni terjadi pembekuan darah di beberapa organ tubuh. Gejala efek samping vaksin pfizer ini antara lain:

  1. Mudah lemah
  2. Mudah lelah
  3. Gangguan neurologis 
  4. Perdarahan 
  5. Nyeri dada

Oleh karena itu, setiap orang wajib waspada setelah vaksinasi dan harus segera mendapatkan perhatian jika mengalami gejala TTP di atas. 

Demikian penjelasan singkat tentang efek samping vaksin pfizer. Harap menjadi perhatian bagi penerima vaksin pfizer.

(Suara.com/Rifan Aditya)

Berita Terkait

Berita Terkini