Info

5 Efek Samping Covid-19 Ini Berbahaya, Segera Hubungi Dokter!

Ada beberapa efek samping vaksin Covid-19 yang berbahaya.

Shevinna Putti Anggraeni

Vaksin Covid-19, vaksinasi. (Pixabay)
Vaksin Covid-19, vaksinasi. (Pixabay)

Himedik.com - Vaksin Covid-19 telah terbukti mampu menahan penyebaran virus corona Covid-19 dan mencegah infeksi parah. Meskipun, suntik vaksin Covid-19 menimbulkan beberapa efek samping yang wajar terjadi.

Tapi, efek samping dari vaksin Covid-19 dan risiko infeksi virus corona pada orang yang sudah vaksinasi meningkatkan dan menimbulkan banyak kekhawatiran.

Padahal, efek samping setelah suntik vaksin adalah hal yang wajar terjadi, termasuk pada vaksin Covid-19. Umumnya, efek samping vaksin Covid-19 tidak berbahaya dan mereda dalam 1 hingga 2 hari.

Adapun beberapa efek samping vaksin Covid-19 yang paling umum, termasuk demam, kedinginan, kelelahan dan nyeri di tempat suntikan. Semua efek samping itu menunjukkan respons imun tubuh.

Tapi, ada beberapa orang yang tidak mengalami efek samping apapun setelah suntik vaksin Covid-19. Sehingga, banyak orang mulai bertanya-tanya efek samping vaksin Covid-19 itu menunjukkan tingkat perlindungan dalam tubuh kita terhadap virus atau tidak.

Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Pixabay)
Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Pixabay)

Di samping itu, Anda juga harus memahami bahwa efek samping setelah suntik vaksin Covid-19 bukan berarti Anda sedang terinfeksi virus corona. Sebaliknya, gejala itu justru menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh mulai mengenali patogen asing atau vaksin Covid-19

Karena, vaksin Covid-19 merupakan sebuah fragmen yang menyerupai protein lonjakan virus corona. Sehingga, efek samping setelah vaksin itu mungkin tanda tubuh mulai memproduksi antibodi dalam melawan partikel virus corona.

Meski begitu, ada beberapa gajal setelah suntik vaksin Covid-19 yang perlu diwaspadai. Khususnya, jika Anda mengalami gejala lainnya dari efek samping umum vaksin Covid-19 dalam waktu 20 hari setelah vaksinasi. Anda harus mencuri pertolongan medis bila mengalami kondisi tersebut.

Berikut ini dilansir dari Times of India, beberapa gejala setelah vaksin Covid-19 yang mengkhawatirkan dan mungkin membutuhkan bantuan medis.

  1. Sesak napas atau kesulitan bernapas
  2. Sesak dada
  3. Mual, muntah atau nyeri terus-menerus di area perut
  4. Kejang
  5. Nyeri pada tungkai atau bengkak pada lengan dan kaki

Tapi, para ahli percaya bahwa terinfeksi virus corona Covid-19 jauh lebih berbahaya daripada efek samping vaksin Covid-19.

Sebab, peningkatan jumlah infeksi varian Delta tidak hanya menyebabkan lonjakan kasus virus corona Covid-19 di seluruh dunia, tetapi juga meningkatkan risiko infeksi virus corona pada orang yang sudah vaksinasi.

Karena, varian Delta ini dianggap bisa menembus kekebalan yang terbentuk oleh vaksin Covid-19. Tapi, orang yang tidak suntik vaksin Covid-19 tetap berada pada risiko tinggi terinfeksi virus corona Covid-19.

 

Berita Terkait

Berita Terkini