Info

Kehilangan Indra Perasa Karena Covid-19, Konsumsi Makanan Ini!

Ada beberapa makanan yang perlu dikonsumsi ketika kehilangan indra perasa akibat virus corona Covid-19.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi makanan sehat, pola diet sehat. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)
Ilustrasi makanan sehat, pola diet sehat. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)

Himedik.com - Gejala umum virus corona Covid-19 termasuk kehilangan indra perasa dan penciuman yang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kehilangan indra perasa dan penciuman bisa membuat seseorang tidak nafsu makan, karena tidak bisa mencium aroma dan merasakan makanan yang dikonsumsinya.

Tapi, banyak orang mungkin belum paham bahwa ada makanan yang seharusnya dikonsumsi dan dihindari selama terinfeksi virus corona Covid-19 guna meningkatkan sistem kekebalan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun mengatakan menjalani pola diet sehat sangat dianjurkan selama pandemi vvirus corona Covid-19. Meskipun tidak ada makanan atau suplemen makanan yang bisa mencegah atau menyembuhkan infeksi virus corona Covid-19.

Tapi, pola diet sehat sangat penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Ada makanan yang membantu meningkatkan kekebalan, seperti jahe dan buah jeruk.

Selain itu, Anda juga bisa memastikan tubuh mendapatkan jumlah vitamin D yang tepat. Karena, penelitian awal menunjukkan bahwa vitamin D bisa membantu melawan virus corona Covid-19.

Ilustrasi virus corona Covid-19 (Pixabay/Coyot)
Ilustrasi virus corona Covid-19 (Pixabay/Coyot)

Tapi dilansir dari Metro UK, WHO merekomendasikan semua orang untuk konsumsi makanan seimbang, meliputi:

  1. Buah segar
  2. Sayuran
  3. Kacang-kacangan
  4. Biji-bijian
  5. Produk hewani

WHO juga merekomendasikan makanan yang seharusnya dihindari selama pandemi virus corona Covid-19. Pihaknya menyarankan semua orang untuk jangan terlalu banyak makan garam dan makanan manis.

Bahkan larangan konsumsi garam dan makanan manis pun sangat disarankan bagi semua orang, tidak hanya orang yang terkena virus corona Covid-19 saja.

Pada pasien virus corona Covid-19 yang kehilangan indra penciuman dan perasa, minuman dan makanan tertentu sangat penting untuk dikonsumsi. Jika Anda masih memiliki nafsu makan meski kehilangan indra perasa dan penciuman, waktunya mencoba diet sehat.

NHS Trust South Warwickshire menyarankan untuk mencoba beberapa makanan yang biasanya tidak Anda makan. Makanan yang biasanya tidak dikonsumsi itu mungkin akan terasa lebih enak ketika kehilangan indra penciuman dan perasa.

Contohnya, makanan, minuman dan bumbu masakan yang memiliki rasa sangat tajam, seperti buah jeruk, cuka, limun, saus mint, bubuk kari dan saus asam manis mungkin akan menimbulkan rasa.

Anda juga bisa mencoba mengunyah permen karet atau mengisap permen untuk meningkatkan air liur di mulut Anda. Pusat Kanker MD Anderson di AS merekomendasikan pasien virus corona dengan gejala ini memilih makanan dingin atau beku daripada makanan hangat.

Sebuah dokumen NHS yang diterbitkan oleh Rumah Sakit Homerton di London pun menyarankan pasien yang sembuh dari virus corona harus minum lebih banyak cairan daripada biasanya.

Selain itu, orang yang masih dalam masa pemulihan juga direkomendasikan mengonsumsi lebih banyak protein untuk menjaga kekuatannya. Bahkan setelah virusnya hilang, Anda masih perlu makan banyak kalori.

Berita Terkait

Berita Terkini