Pria

Pria Ini Alami Infeksi Mematikan pada Tangan Karena Hal Sepele

Hanya karena mengabaikan kebersihan mulut, kok bisa?

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Pria Ini Alami Infeksi Mematikan pada Tangan Karena Hal Sepele. (unsplash)
Pria Ini Alami Infeksi Mematikan pada Tangan Karena Hal Sepele. (unsplash)

Himedik.com - Kebersihan mulut menjadi salah satu hukum wajib yang harus ditaati. Ya, mulut menjadi salah satu sarana termudah penyebar bakteri pada tubuh.

Kebersihan mulut yang diabaikan bisa menyebabkan berbagai masalah penting misalnya diabetes, saraf, bahkan infeksi yang mematikan seperti yang dialami pria ini.

Seorang pria (27) diketahui mengidap suatu penyakit yang ditandai dengan benjolan pada telapak tangannya, seperti dilansir HiMedik dari dailymail.

Menurut pengakuannya, rasa sakit ini berasal dari perut yang ia alami terus-menerus. Pria yang berasal dari Kanada tersebut sempat mencari bantuan medis setelah dia khawatir dengan rasa sakit yang tidak kunjung sembuh.

Setelah didiagnosis, tim medis menemukan ia mengalami demam serta nafsu makan yang menurun dan keringat setiap malam selama 6 minggu.

Dr Bashaar Alibrahim dan Dr George Wharmby mengungkapkan ia telah mengalami penurunan sebanyak 12 kg dari total berat badannya.

Pria Ini Alami Infeksi Mematikan pada Tangan Karena Hal Sepele. (dailymail)
Pria ini alami infeksi mematikan pada tangan karena hal sepele. (dailymail)

 

Setelah dicari tahu, ternyata ada jaringan mati di limpa dan ginjal kirinya. Selain itu, dokter juga mengungkapkan ada bagian yang terinfeksi pada katup aorta.

Bagian ini yang mengatur aliran darah dari jantung ke arteri utama. Penyebaran infeksi ini kemudian merusak pembuluh darah yang memasok darah ke tangannya.

Inilah yang menyebabkan kenaikan atau terjadinya benjolan yang berdenyut. Benjolan ini lebih dikenal dengan nama endocarditis.

Dengan kata lain, penyakit (benjolan) ini yang dapat memicu gagal jantung dan disebabkan ketika bakteri mencapai jantung.

Dalam jurnal yang mereka tulis, tim medis menjelaskan infeksi itu mungkin terkait dengan kebersihan mulut yang buruk. Infeksi jantung yang fatal dapat terjadi ketika bakteri dari mulut masuk ke aliran darah.

Ini bisa terjadi dari pendarahan atau peradangan pada gusi. Para ahli di University of British Columbia telah menerbitkan kasus ini di New England Journal of Medicine.

Berita Terkait

Berita Terkini