Pria

Suami Wajib Elus Perut Istri yang Hamil, Peneliti Ungkap Manfaatnya!

Mengelus perut istri yang sedang hamil membantu memberikan stimulasi dan perkembangan janin di dalam perut.

Rauhanda Riyantama | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi respon bayi di dalam perut merasakan sentuhan ayahnya. (Unsplash/rawpixel)
Ilustrasi respon bayi di dalam perut merasakan sentuhan ayahnya. (Unsplash/rawpixel)

Himedik.com - Khusus untuk para suami, ternyata mengelus perut istri yang sedang hamil wajib dilakukan. Bukan sekedar untuk menunjukkan rasa sayang dan perhatian, tetapi si Kecil di dalam perut sudah bisa merasakan kebahagiaan jika mendapat sentuhan dari ayahnya.

Sebuah studi menyatakan bahwa calon bayi akan memberikan respon yang lebih baik terhadap sentuhan orangtuanya di perut sang ibu. Mereka sudah mampu merasakan sentuhan penuh kasih sayang orangtuanya yang membuat keadaan menjadi lebih baik di dalam perut.

Melansir dari whattoexpect.com, para peneliti di Universitas Dundee di Skotlandia sudah membuktikan efek dari mengelus perut istri yang hamil pada 2015 silam.

Hasil penelitian menyatakan ada perbedaan yang mengejutkan dari janin di trimester kedua dan ketiga kehamilan ketika merasakan sentuhan dari ayah dan ibunya dibandingkan yang tidak mendapat sentuhan sama sekali.

Ilustrasi hubungan bayi dengan orangtuanya - (Unsplash/Isaac Del Toro)
Ilustrasi hubungan bayi dengan orangtuanya - (Unsplash/Isaac Del Toro)

Mereka yang mendapat sentuhan dari ayahnya lebih responsif dan terlihat nyaman daripada janin yang tidak merasakan sentuhan ayahnya. Dari hasil tersebut para peneliti menarik kesimpulan bahwa bayi akan merasa lebih nyaman dan baik jika merasakan sentuhan dari orangtuanya.

Selain itu, sentuhan dari orangtuanya juga membantu perkembangan sistem sarafnya pusatnya lebih baik dan pesat dibandingkan bayi yang tidak mendapat sentuhan.

Artinya, sentuhan lembut di perut istri yang sedang hamil sangat baik untuk stimulasi perkembangan dan pertumnbuhan bayi di dalam perut.

Apalagi jika kehamilan istri sudah memasuki usia 28 minggu atau menjelang persalinan, suami harus lebih sering mengelus perut istri untuk memancing respon sang calon buah hati jelang persalinan.

Di sisi lain, mengelus perut istri yang hamil sama halnya memberi sentuhan lembut kepada calon buah hati. Melalui sentuhan lembut itu bisa memperkuat ikatan antara ayahnya dengan calon buah hati sejak dalam kandungan.

Sebab, mereka juga sudah bisa merasakan cinta dan kasih sayang orangtua sejak di dalam perut. Tentu saja mereka di dalam perut juga memiliki rasa tak sabar ingin melihat dan menyentuh langsung kedua orangtuanya.

Berita Terkait

Berita Terkini