Pria

Tingkatkan Jumlah Sperma Tanpa Obat-obatan, Coba Konsumsi Makanan ini!

Beberapa makanan berikut bisa membantu meningkatkan jumlah sperma pria tanpa obat-obatan.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi sayuran. (shutterstock)
Ilustrasi sayuran. (shutterstock)

Himedik.com - Jumlah dan kualitas sperma seringkali dikaitan dengan tingkat kesuburan pria. Pasalnya, banyaknya jumlah sperma menjadi salah satu faktor penting dalam meningkatkan keberhasilan pembuahan.

Berdasarkan pedoman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dilansir dari Healthline, jumlah sperma yang sehat sekitar 15 juta per mililiter atau setidaknya 39 juta per sampel. Jumlah sperma yang lebih rendah dari 10 juta per ml dianggap abnormal dan umumnya dikaitkan dengan infertilitas pria.

Dalam hal ini, faktor-faktor yang memengaruhi kadar testosteron dianggap memiliki dampak paling signifikan pada jumlah dan kualitas sperma. Adapun beberapa cara alami yang bisa meningkatkan jumlah sperma.

Seperti olahraga rutin, mengurangi stres, menghindari rokok hingga mengonsumsi obat-obatan. Tetapi, Anda juga bisa meningkatkan jumlah sperma dengan mengatur menu makanan harian.

Sejumlah penelitian menunjukkan konsumsi makanan kaya senyawa dan bahan kimia tertentu memungkinkan tubuh untuk menggunakannya dengan lebih efisien. Jadi cara terbaik untuk meningkatkan jumlah sperma secara alami adalah dengan meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung nutrisi ramah sperma.

Ilustrasi sperma (shutterstock)
Ilustrasi sperma (shutterstock)

 

Adapun makanan yang tinggi nutrisi untuk menambah jumlah sperma termasuk:

1. Kacang kenari
2. Gandum utuh dan biji-bijian
3. Ikan, terutama salmon
4. Kerang, terutama tiram
5. Vitamin D meningkatkan produk susu dan susu
6. Coklat hitam
7. Bawang putih
8. Pisang
9. Brokoli
10. Sayuran berdaun hijau, terutama bayam dan kangkung

Anda juga perlu meningkatkan asupan makanan kaya antioksidan. Karena, antioksidan adalah molekul yang membantu menghilangkan dan menonaktifkan radikal bebas dan senyawa lain yang merusak sel.

Beberapa vitamin dan mineral terbukti berperan sebagai antioksidan, dan beberapa penelitian mengaitkan konsumsi antioksidan dengan peningkatan jumlah sperma.

Berita Terkait

Berita Terkini