Pria

Pria Juga Bisa Kena Kanker Payudara, Kenali Gejala dan Jenisnya!

Biasanya, gejalanya berupa benjolan tidak nyeri pada jaringan payudara, perubahan pada kulit payudara.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Pink ribbon, simbol kesadaran kanker payudara - (Pixabay/marijana1)
Pink ribbon, simbol kesadaran kanker payudara - (Pixabay/marijana1)

Himedik.com - Banyak yang mengira, kanker payudara hanya berisiko untuk perempuan. Padahal pria pun ternyata bisa mengalaminya.

Kanker payudara pria adalah kanker langka yang terbentuk di jaringan payudara pria. Biasanya kanker payudara pria paling umum terjadi pada pria yang usia tua.

Selain itu dilansir dari Mayo Clinic, pria yang memiliki kerabat dekat atau riwayat keluarga menderita kanker payudara juga lebih berisiko terkena penyakit tersebut.

Biasanya, gejalanya berupa benjolan tidak nyeri pada jaringan payudara, perubahan pada kulit payudara. Seperti kerutan, kemerahan hingga perubahan pada puting susu.

Penyebab kanker payudara pada pria pun belum diketahui jelasnya. Seorang ahli mengatakan bahwa kanker payudara pria terjadi ketika beberapa sel payudara pria membelah lebih cepat daripada sel sehat.

Ilustrasi dada pria (shutterstock)
Ilustrasi dada pria (shutterstock)

 

Sel-sel yang terakumulasi membentuk tumor yang dapat menyebar (bermetastasis) ke jaringan di dekatnya, ke kelenjar getah bening atau ke bagian lain dari tubuh.

Adapun beberapa jenis kanker payudara yang didiagnosis pada pria, meliputi:

1. Kanker bermula dari saluran susu, yakni hampir semua kanker payudara pria adalah karsinoma duktal.

2. Kanker itu dimulai pada kelenjar penghasil susu, yakni jenis ini jarang terjadi pada pria karena mereka memiliki beberapa lobulus di jaringan payudara mereka.

3. Jenis kanker lainnya, yakni jenis kanker payudara langka yang biasanya terjadi pada pria, salah satunya paget pada puting susu.

Berita Terkait

Berita Terkini