Pria

Kaki Terasa Dingin tanpa Sebab? Bisa Jadi akibat 5 Masalah Kesehatan Ini

Saat kaki Anda terasa dingin tanpa sebab, Anda perlu curiga karena bisa disebabkan oleh berbagai penyakit berikut.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi kaki kedinginan (Pixabay/tookapic)
Ilustrasi kaki kedinginan (Pixabay/tookapic)

Himedik.com - Umumnya kaki terasa dingin terjadi saat Anda berada di wilayah dengan cuaca dingin. Kaki dingin akibat udara ini bisa diatasi dengan mudah menggunakan kaos kaki atau selimut.

Namun, ada beberapa kondisi yang membuat kaki terasa dingin tanpa sebab. Melansir dari Insider, jika Anda mengalami hal tersebut maka perlu curiga bahwa mungkin Anda menderita kondisi kesehatan tertentu, antara lain:

1. Aterosklerosis

Aterosklerosis adalah kondisi yang menyebabkan timbunan lemak di arteri dan membuat aliran darah tidak begitu cukup ke kaki. Hal ini yang menyebabkan buruknya sirkulasi darahdalam tubuh.

"Arteri di kaki Anda adalah yang terkecil yang berarti paling mungkin terkena dampak pertama. Ketika arteri ini tersumbat, Anda bisa mengalami kaki yang dingin dan terkadang nyeri," kata Danielle DesPres, DPM, Board Certified Foot & Ankle Surgeon & Ahli penyakit kaki di NYC di fakultas di New York College of Podiatric Medicine.

2. Neuropati Diabetes

Meskipun diabetes itu sendiri mungkin tidak menyebabkan kaki dingin, beberapa orang dengan diabetes tipe 1 atau tipe 2 mengalami kerusakan saraf atau neuropati di kaki mereka. Kerusakan saraf ini dapat mengganggu saraf yang mendeteksi suhu di kaki sehingga menimbulkan sensasi yang tidak menyenangkan.

3. Penyakit Raynaud

Penyakit Raynaud adalah kondisi langka yang menyebabkan pembuluh darah di tangan dan kaki menyempit setiap kali merasa kedinginan atau stres.

Ketika kambuh, darah tidak bisa sampai ke tangan dan kaki yang mungkin membuatnya terasa lebih dingin dan terlihat putih atau kebiruan. Orang yang tinggal di iklim yang lebih dingin lebih mungkin untuk menderita penyakit Raynaud.

4. Neuropati Perifer

Neuropati perifer mengacu pada segala kondisi yang menyebabkan kerusakan saraf pada sistem saraf tepi. Sistem saraf tepi terdiri dari semua saraf di tubuh Anda kecuali yang ada di otak dan sumsum tulang belakang. Saraf ini bertugas untuk mengirimkan sinyal dari otak dan sumsum tulang belakang ke seluruh tubuh Anda.

"Ketika seseorang menderita neuropati, sarafnya rusak dan dapat menyebabkan perasaan mati rasa, rasa panas sedingin es, dan kesemutan di kaki. Sensasi abnormal inilah yang dapat membuat seseorang merasa seolah-olah kaki mereka membeku karena saraf mereka memproduksi. sensasi abnormal," kata DesPres.

Ilustrasi kaki di atas ranjang. (Shutterstock)
Ilustrasi kaki dingin. (Shutterstock)

5. Anemia

Anemia menyebabkan tubuh memproduksi lebih sedikit sel darah merah dari biasanya. Kondisi ini bisa menimbulkan sejumlah masalah, termasuk kaki dingin kronis.

"Jika tubuh Anda tidak menghasilkan cukup hemoglobin, maka tubuh tidak akan mampu menghasilkan cukup sel darah merah kaya oksigen untuk menjaga kaki Anda tetap hangat," kata DesPres.

Berita Terkait

Berita Terkini