Pria

Sering Diabaikan, Pria Tak Boleh Lewatkan Lima Makanan Sehat Berikut

Berikut beberapa asupan yang sering kali diabaikan oleh pria, padahal penting untuk kesehatan.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

ilustrasi pria makan - (Unsplash/Chetan Hireholi)
ilustrasi pria makan - (Unsplash/Chetan Hireholi)

Himedik.com - Konsumsi makanan sehat memang diperlukan siapa saja, baik pada perempuan maupun pada laki-laki. Namun beberapa makanan berikut sering kali diabaikan oleh pria, sehingga mereka membutuhkan konsumsi lebih banyak.

Melansir dari Eat This, berikut beberapa asuapn yang perlu pria konsumsi sehari-hari, antara lain:

1. Bayam

Fakta menunjukkan bahwa sembilan dari 10 pria tidak mendapatkan lima porsi sayuran setiap hari, tiga di antaranya harus berasal dari sayuran hijau seperti bayam.

"Pola makan sehat mencakup sayuran hijau hampir setiap hari dalam seminggu dikaitkan dengan fungsi kognitif yang lebih baik bagi pria. Bayam juga memasok prekursor alami untuk oksida nitrat,yang membantu aliran darah sehat yang penting untuk olahraga dan kesehatan jantung," kata kata Maggie Moon, MS, RD, penulis The MIND Diet.

2. Kacang Almond

Ilustrasi kacang almond. (Shutterstock)
Ilustrasi kacang almond. (Shutterstock)

Konsumsi kacang padat nutrisi seperti kacang almond perlu Anda sediakan untuk camilan sehari-hari.

"Almond adalah sumber magnesium yang sangat baik. Ada penelitian awal yang menunjukkan bahwa pria yang kekurangan magnesium mungkin memiliki tingkat testosteron yang lebih rendah," kata Keri Gans, RDN, ahli gizi dan penulis The Small Change Diet.

"Magnesium membantu menjaga fungsi otot dan saraf normal, membantu sel Anda menghasilkan energi, dan penting untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda," imbuhnya.

3. Yogurt

Ilustrasi Yogurt (shuttestock)
Ilustrasi Yogurt (shuttestock)

Yogurt perlu dikonsumsi untuk meningkatkan kepadatan tulang. "Pria sering berpikir bahwa hanya wanita yang perlu memperhatikan kesehatan tulang dan padahal pria juga berisiko terkena osteoporosis," kata Gans.

4. Tomat

Ilustrasi tomat. (Shutterstock)
Ilustrasi tomat. (Shutterstock)

Pria harus konsumsi makanan dengan kandungan tinggi likopen, seperti tomat.

"Alasannya adalah karena antioksidan likopen telah terbukti melindungi pria dari kanker prostat yang menjadi perhatian semua pria seiring bertambahnya usia," kata ahli gizi Daily Harvest, Amy Shapiro, MS, RD, CDN.

5. Kentang

Sering Diabaikan, Pria Tak Boleh Lewatkan Lima Makanan Sehat Berikut - 4
Ilustrasi kentang. (Shutterstock)

Karbohidrat sering diabaikan dalam diet pria dengan popularitas diet rendah karbohidrat. Hal ini dapat membuat energi mereka terasa rendah.

Kentang menawarkan lebih banyak kalium daripada pisang, setengah dari vitamin C, dan serat untuk pencernaan.

"Kentang menawarkan karbohidrat untuk membantu mengisi bahan bakar dan meningkatkan performa olahraga," kata Jim White, RDN, ACSM Ex-P, Pemilik Jim White Fitness and Nutrition Studios.

Berita Terkait

Berita Terkini