Wanita

Tampil Kurang Pede Karena Bentuk Dada Rata? Lakukan Olahraga ini

Wanita sering kali merasa tidak percaya diri dengan bentuk dada yang rata.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi wanita dengan bentuk payudara idela. (journal.20fit.co.id)
Ilustrasi wanita dengan bentuk payudara idela. (journal.20fit.co.id)

Himedik.com - Bagi sebagian wanita sering kali merasa tidak percaya diri dengan bentuk dada yang rata. Jangan khawatir, berikut daftar olahraga jika dilakukan rutin dapat membesarkan bentuk payudara secara natural.

1. Sit up

Sit up. (musclemediaonline.com)
Sit up. (musclemediaonline.com)

Jika rutin melakukan sit up mendapatkan dua keuntungan. Sit up dapat membuat perut menjadi rata dan menguatkan otot perut. Bila otot perut telah terbentuk, secara otomatis akan mempengaruhi bentuk dada menjadi lebih berisi.

Untuk melakukannya, berbaringlah menghadap ke atas dengan lutut ditekuk. Posisikan kedua tangan berada di belakang kepala dan angkat bahu menjauhi lantai. Tarik nafas panjang saat posisi bahu di atas dan hembuskan saat posisi kembali seperti semula.

2. Push up

Push up. (shutterstock)
Push up. (shutterstock)

Meski sedikit melelahkan, latihan ini dapat menguatkan otot perut pectoral yang berada di sekitar dada. Untuk memulainya, cobalah latihan dengan 2-3 set push up terlebih dahulu. Setelah terbiasa, bisa menambah lebih banyak.

3. Wall up

Wall up. (stylecraze.com)
Wall up. (stylecraze.com)

Hampir sama dengan push up, latihan ini juga memiliki fungsi yang sama untuk memperbesar payudara. Karena lebih ringan, latihan ini cocok bagi yang merasa push up terlalu berat dan melelahkan.

Caranya, berdiri tegak menghadap dinding dengan tangan berada sejajar dengan bahu. Lalu, dorong dinding hingga lengan berada dalam posisi terlipat. Lakukan sebanyak empat set dalam sekali latihan untuk mendapatkan bentuk payudara lebih indah.

4. Peregangan bagian dada

Ilustrasi peregangan bagian dada. (thinkstockphotos.com)
Ilustrasi peregangan bagian dada. (thinkstockphotos.com)

Fokus pada latihan kontraksi isometrik di depan dada dapat melatih di sekitar payudara menjadi lebih kuat. Latihan ini merupakan cara terbaik untuk membentuk payudara.

Caranya, pegang handuk atau alat lainnya di depan dada dengan mencekram masing-masing ujung handuk. Lalu regangkan lengan untuk menjauhkan sisi yang satu dengan lainnya. Lakukan secara rutin dan fokus pada bagian dada.

5. Angkat beban di atas dada

Angkat beban di atas dada. (sfidn.com)
Angkat beban di atas dada. (sfidn.com)

Latihan ini dapat membentuk otot dada menjadi lebih kencang. Namun, perlu menggunakan dumble yang mudah diangkat.

Praktiknya, berbaringlah pada matrat bangku dengan dumble pada masing-masing tangan. Jangan lupa pastikan kaki terlipat kuat untuk menahan tubuh.

Arahkan posisi telapak tangan menghadap ke atas untuk memulai latihan. Dorong dumble ke atas dengan lengan yang lurus sejajar dengan bahu. Buat gerakan ulang untuk mendapatkan hasil maksimal.

Berita Terkait

Berita Terkini