Wanita

Kenali Tiga Tanda PCOS, Penyebab Wanita Sulit Hamil

Polycystic Ovary Syndrome merupakan gangguan fungsi pada ovarium. Sindrom ovarium polikistik ini biasanya menyerang wanita di usia subur.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

hasil negatif (orami.co.id)
hasil negatif (orami.co.id)

Himedik.com - PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome merupakan gangguan fungsi pada ovarium. Sindrom ovarium polikistik ini biasanya menyerang wanita di usia suburnya.

Penyakit ini nampaknya memang jarang sekali terdengar. Untuk itu kenali tiga tanda berikut, sebagai deteksi dini dan langkah penyembuhan.

1. Munculnya kista

Munculnya kista di ovarium memang tidak akan diketahui jika tidak melakukan pemeriksaan khusus. Namun biasanya, kista berkaitan erat dengan gangguan sakit perut berlebih saat menstruasi.

Jika Anda mengalami hal ini, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan. Pemeriksaan yang dilakukan diawali dengan pemeriksaan fisik. Selanjutnya dilakukan tes darah untuk melihat kadar hormon dan kolesterol, serta tes ultrasound yang mana akan menunjukkan berapa banyak jumlah kista.

(urgentcarefl.com)
ilustrasi sakit perut berlebih. (urgentcarefl.com)

2. Hormon pria meningkat

Testosteron merupakan hormon yang dominan pada tubuh pria. Jika testosteron meningkat pada tubuh wanita, hal tersebut membuat kerja hormon yang dominan pada wanita terganggu.

Tak hanya itu, penampilan fisik wanita juga akan terganggu. Seperti munculnya bulu yang berlebihan pada area wajah dan dada.

ilustrasi bulu berlebih di area wajah (Shutterstock)
ilustrasi bulu berlebih di area wajah. (Shutterstock)

3. Menstruasi tidak teratur

Biasanya wanita akan mengalami menstruasi di setiap bulannya. Namun, penderita PCOS tidak demikian. Ditambah ketika menstruasi kadar darah yang dikeluarkan juga tidak pasti. Terkadang sedikit, dan terkadang banyak.

menstruasi tidak teratur (AdobeStock)
Menstruasi tidak teratur. (AdobeStock)

Jika Anda mengalami ketiga tanda di atas, segera periksakan diri ke dokter agar mendapat langkah penyembuhan. Pasalnya penyakit PCOS ini akan mengakibatkan timbulnya penyakit lain seperti diabetes tipe 2, sleep apnea, dan hipertensi.

Semoga bermanfaat!

Berita Terkait

Berita Terkini