Wanita

Pelukan Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan lho

Pelukan juga memiliki banyak manfaat secara fisiologis

Rauhanda Riyantama

Manfaat pelukan. (womantalk.com)
Manfaat pelukan. (womantalk.com)

Himedik.com - Memberikan pelukan tidak hanya sebagai tanda kasih sayang pada seseorang. Menurut sebuah penelitian pelukan juga memiliki banyak manfaat secara fisiologis sehingga dapat berdampak positif terhadap kesehatan dan suasana hati seseorang, baik yang memberikan atau yang menerima pelukan.

Seperti dilansir di laman MindBodyGreen, setiap orang membutuhkan pelukan setidaknya delapan kali dalam sehari. Kenapa harus delapan kali? Sebab, pelukan ternyata memiliki sejuta manfaat bagi siapa saja yang melakukannya.

1. Satu pelukan setara dengan meditasi

Pelukan mengajarkan seseorang untuk melepaskan segala beban dan masalah yang sedang dihadapi. Jadi, kamu tak perlu mengeluarkan uang untuk mendaftar kelas yoga dan meditasi.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung

Oksitosin juga menyebabkan seseorang merasa lebih rileks, mengurangi ketegangan dan tingkat hormon kortisol atau yang lebih dikenal dengan hormon stres. Hormon ini bertanggung jawab untuk tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Pelukan dapat menurunkan tingkat ini, sehingga dapat terhindar dari penyakit jantung.

3. Mengatur tanggapan emosional

Emosional. (shutterstock.com)
Emosional. (shutterstock.com)

Memeluk dapat meningkatkan kadar dopamine yang bertanggung jawab untuk mengatur respons emosional yang dialami orang dengan gangguan mental seperti depresi.

4. Mendorong mood

Serotonin merupakan neurotransmitter yang bertanggung jawab untuk meningkatkan suasana hati yang berkaitan dengan depresi. Sehingga ketika seseorang memeluk berarti suasana hatinya dapat langsung meningkat hanya dengan melakukan tindakan fisik itu.

5. Menjadi lebih rileks

Pelukan ternyata juga dapat melemaskan otot-otot yang tegang, melepaskan tekanan dari tubuh kita, dan mengatasi rasa sakit dengan meningkatkan sirkulasi ke jaringan tubuh.

6. Meredakan kesendirian

Pelukan dapat memberikan lompatan secara instan hormon oksitosin yang dikenal dengan sebutan hormon kepedulian. Hormon ini memiliki manfaat untuk sejumlah kondisi kesehatan mental, termasuk depresi dan kecemasan. Oksitosin adalah neurotransmitter yang bekerja di pusat emosi otak, mendorong perasaan puas, percaya, dan ikatan.

Berita Terkait

Berita Terkini