Wanita

Konsumsi Bawang Putih Saat Hamil, Dapatkan Manfaatnya

Mom, jangan terkejut lihat manfaat bawang putih jika dikonsumsi saat hamil.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Wanita hamil/unsplash
Wanita hamil/unsplash

Himedik.com - Bawang putih harus kamu masukkan dalam daftar makanan selama hamil. Pasalnya khasiat bumbu dapar ini tentu bisa bikin kamu tidak percaya.

Ya, saat hamil merupakan saat penting bagi seorang ibu untuk tetap menjaga asupan bergizi sehingga kondisi ibu dan bayi tetap fit. Nah, bawang putih menjadi salah satu asupan yang wajib kamu konsumsi di saat ini.

Kamu bisa mengonsumsi dua hingga empat siung bawang putih segar setiap hari. Selain itu, saat ini juga sudah dijual suplemen bawang putih dalam bentuk tablet kering.

Kamu dapat mengonsumsi dengan dosis 400 mg tiga kali sehari. Namun, kamu harus dapat persetujuan dokter sebelum mengonsumsi bawang putih dalam bentuk mentah atau dalam bentuk lain.

Beberapa manfaat bawang putih jika dikonsumsi saat hamil telah dirangkum HiMedik dari laman Momjunction.

1. Menurunkan risiko preeklamsia

Pre-eklampsia atau tekanan darah tinggi adalah kondisi yang berpotensi membahayakan yang memengaruhi hampir satu dari sepuluh wanita hamil.

Bawang putih mengurangi risiko kondisi ini dan mengurangi kemungkinan tekanan darah tinggi dan tingkat protein dalam urin.

Manfaat bawang putih. (Healthline)
Manfaat bawang putih. (Healthline)

2. Meningkatkan berat badan bayi

Penelitian menunjukkan bawang putih membantu meningkatkan berat badan bayi yang berisiko lahir dengan berat yang kecil atau prematur. Percobaan telah menunjukkan menambahkan ekstrak bawang putih ke sel-sel plasenta merangsang pertumbuhan.

3. Menurunkan kolesterol dan masalah jantung

Kandungan allicin dalam bawang putih mengurangi kolesterol. Senyawa ini juga membantu mengencerkan darah, mencegah risiko serangan jantung dan stroke.

4. Mencegah kanker

Makan bawang putih secara teratur dapat melindungi kamu dari beberapa jenis kanker, terutama kanker usus besar.

Menurut Institut Kanker Nasional AS (NCI), penelitian di China mengungkapkan konsumsi bawang putih bersama dengan daun bawang terkait dengan penurunan risiko kanker esofagus dan perut.

5. Cegah flu dan infeksi

Bawang putih dapat membatasi pertumbuhan bakteri berbahaya dalam tubuh dan menjaga tingkat kekebalan tubuh tetap sehat. Ini membantu melawan infeksi, termasuk pilek dan flu.

6. Mengobati infeksi jamur

Allicin dalam bawang putih memiliki sifat anti jamur yang bisa mengobati infeksi jamur vagina seperti kandidiasis kronis.

7. Mencegah infeksi mulut

Sifat antimikroba bawang putih sangat membantu sebagai solusi mencegah infeksi mulut.

8. Mencegah kerontokan rambut

Bawang putih mengandung banyak allicin yang merupakan senyawa berbasis sulfur. Ini membantu mencegah kerontokan rambut dan juga meningkatkan pertumbuhan rambut baru.

Itu tadi beberapa manfaat bawang putih jika dikonsumsi saat hamil.

Berita Terkait

Berita Terkini