Wanita

Kebiasaan Pagi yang Buat Cepat Tua, Nomor 4 Sering Kamu Lakukan

Nomor empat pasti setiap hari kamu lakukan.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Kebiasaan Pagi yang Bikin Kamu Cepat Tua. (unsplash)
Kebiasaan Pagi yang Bikin Kamu Cepat Tua. (unsplash)

Himedik.com - Banyak hal yang kamu lakukan saat pagi hari yang bisa bikin kamu cepat tua. Padahal kenyataannya, banyak wanita yang ingin selalu tampak muda meski sudah bertambah usia.

Kebiasaan ini mungkin tidak pernah kamu sadari, salah satu penyebabnya mungkin karena kamu tidak tahu jika ini bisa menyebabkan kamu terlihat cepat tua.

Yuk, langsung saja, lihat kebiasaan apa saja yang sering kamu lakukan saat pagi hari yang bisa bikin kamu cepat tua.

1. Minum banyak kafein

Mengawali hari dengan kafein mungkin harus kamu pikirkan dua kali. Kafein memang bisa membangkitkan semangat di pagi hari, namun kamu harus tahu aturan meminumnya.

Kafein boleh kamu konsumsi jika perut sudah terisi dengan makanan. Minuman ini juga sebaiknya diminum di atas jam 9. Selain itu, minum kafein juga bisa membuat kulit dehidrasi.

Itulah sebabnya kamu harus mengimbangi minum kafein dengan air putih sehingga tubuh tetap terhidrasi.

2. Mencuci wajah terlalu bersih

Menurut Julius Few, MD, direktur klinik kulit di The Few Institute for Aesthetic Plastic Surgery, wajah yang terlalu kering akan terlihat lebih tua.

Sarannya, cucilah wajah seperti biasa pada malam hari dan di saat pagi gunakan air hangat karena seiring bertambahnya usia, produksi minyak alami di kulit juga akan berkurang.

3. Tidak menggunakan serum wajah

Kebiasaan Pagi yang Bikin Kamu Cepat Tua. (unsplash)
Kebiasaan pagi yang bikin kamu cepat tua. (unsplash)

Serum wajah sangat penting untuk melembapkan kulit. Menurut Joyce Imahiyerobo-Ip, MD, seorang dokter kulit bersertifikat sekaligus direktur dermatologi kosmetik di South Shore Medical Center di wilayah Boston, kulit harus dilindungi dari UV dan polutan.

Untuk itu gunakan pelembap kulit yang mengandung vitamin C, E, asam ferulat, teh hijau atau antioksidan lain yang berfungsi untuk merawat kulit.

4. Banyak menggunakan alas bedak

Wajar jika kamu menggunakan alas bedak untuk mempercantik penampilan atau menutup bekas jerawat. Namun, alas bedak yang terlalu banyak juga tidak baik.

Debra Jaliman, MD, dokter kulit bersertifikat di New York City dan penulis Skin Rules mengungkapkan ini akan membuat kulit tampak lebih pucat dan kamu akan terlihat semakin tua.

Gunakan secukupnya dan ingat pakailah spons untuk mengaplikasikannya.

5. Lupa menggunakan eyeshadow saat keluar rumah

Jangan abaikan mata karena ini adalah area utama yang menunjukkan tanda penuaan. Gunakan krim mata atau pelembap yang mengandung SPF 30. Ini dapat menghaluskan keriput di area mata.

Selain beberapa poin di atas, kurang olahraga dan kurang banyak konsumsi sayur dan buah juga akan membuat kulit terlihat kering. Tentunya ini akan membuat kulit tampak lebih tua.

Untuk itu, hindari kebiasaan-kebiasaan di atas yang bisa bikin kulit cepat tua.

Berita Terkait

Berita Terkini