Wanita

Miss V Terasa Sakit Setelah Bercinta? Mungkin 3 Ini Penyebabnya

Menurut Michael Ingber, MD, satu dari tiga wanita mengalami rasa sakit selama atau setelah hubungan seksual.

Stephanus Aranditio | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi berhubungan seks. (pixabay)
Ilustrasi berhubungan seks. (pixabay)

Himedik.com - Nyeri setelah bercinta lebih sering terjadi daripada yang kamu kira. Menurut Michael Ingber, MD, satu dari tiga wanita mengalami rasa sakit selama atau setelah hubungan seksual. Ada banyak kemungkinan penyebabnya dan perawatan seperti apa yang dapat membantu.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menganalisis apa yang mungkin ada di balik rasa sakit tersebut, lalu bicarakan dengan dokter mengenai hal itu. Berikut telah dirangkum kemungkinan-kemungkinan apa saja yang dapat terjadi ketika miss V sakit setelah bercinta.

1. Infeksi saluran kemih (ISK)

Menurut National Kidney Foundation, satu dari lima wanita mengalami infeksi saluran kemih. Gejala paling umum ditandai dengan nyeri di dalam dan di sekitar area kemaluan. Menurut penjelasan Dr. Ingber, peradangan akibat infeksi dapat menyebabkan kejang pada otot di sekitar organ panggul.

Lebih jelasnya, ketika pasangan melakukan penetrasi maka mr. P pasangan akan membuat kontak berulang dengan dinding vagina, dan ISK akan menyebabkan kejang otot sehingga terasa sakit.

2. Mr. P pasangan terlalu besar

Ukuran memang penting, tapi jika terlalu besar juga bikin tidak nyaman. Pasalnya menurut penuturan Dr. Ingber, anatomi memainkan peran penting dalam rasa sakit setelah berhubungan seks.

''Rata-rata kedalaman liang miss V tidak lebih dari lima inci, sedangkan ukuran mr. P rata-rata enam inci, dan hal itu masih dapat menyebabkan trauma (sakit) ke dasar panggul yang akhirnya mengakibatkan kram pasca-seks,'' tutur Dr. Ingber.

3. Terdapat kista ovarium

Kebanyakan kista ovarium yang masih jinak merupakan struktur yang berisi cairan. Kista tersebut akan hilang dengan sendirinya dalam dua hingga tiga bulan tanpa kamu tahu bahwa kamu memilikinya.

Tetapi kadang kista ovarium memicu rasa sakit, biasanya terasa di bagian kanan bawah atau bawah sisi kiri panggul tempat ovarium Anda berada.

''Jika kista cukup besar, maka dapat menyebabkan sakit perut dan kram selama dan setelah berhubungan seks,'' papar Kecia Gaither, MD.

Itulah 3 kemungkinan yang bisa saja terjadi mengapa merasa sakit setelah berhubungan seks. Apapun itu, jika rasa sakit dirasa tidak wajar, maka segera pergi ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Berita Terkini