Wanita

Tiga Menjaga Postur Tubuh, Wanita Wajib Tahu

Hindari pakai sepatu hak tinggi ya girls.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi wanita memakai high heels. (unsplash/ Eric Nopanen)
Ilustrasi wanita memakai high heels. (unsplash/ Eric Nopanen)

Himedik.com - Tulang adalah kerangka tubuh manusia. Postur tubuh seseorang ditentukan oleh bentuk tulangnya. Jika tulang bermasalah seperti memiliki kelainan yang menyebabkan tulang bengkok, maka postur tubuh pun akan mengikuti bentuknya.

Selain karena penyakit, kelainan tulang juga bisa disebabkan oleh cara duduk yang tidak benar. Untuk mencegah hal itu terjadi, berikut beberapa tips supaya postur tubuh lebih baik.

1. Jangan membungkuk

Membungkuk akan menambah tekanan pada tulang belakang. Hal itu menyebabkan ketegangan pada tulang, otot, dan persendian yang mana dibutuhkan untuk menahan tulang punggung.

Tak hanya membuat postur tubuh memburuk, membungkuk juga akan menghancurkan organ dalam secara bersamaan, serta mempersulit kinerja paru-paru dan usus.

Lama-kelamaan hal itu akan membuat usus sulit untuk mencerna makanan serta kesulitan mendapatkan cukup udara saat bernapas.

2. Kurangi menunduk

Tanpa disadari, mengecek chat atau sms di HP akan membuatmu tertunduk dan posisi leher menekuk. Jangan sering lakukan hal itu, dan luangkan waktu sebentar untuk meregangkan leher.

Pasalnya ketika kamu menundukkan kepala ke bawah untuk memeriksa pesan, itu benar-benar membuat tulang punggung tegang dan setiap harinya itu akan bertambah. Sebagai saran, angkat saja teleponnya.

Menunduk saat melihat HP. (unsplash/rawpixel)
Menunduk saat melihat HP. (unsplash/rawpixel)

 

3. Hindari sepatu hak tinggi

Sepatu hak tinggi memang berkaitan dengan fahsion yang membuat penampilan menjadi lebih menawan. Sayangnya, hal itu tidak ramah pada postur tubuh.

Hak dan ujungnya yang tajam mendorong dasar tulang belakang ke depan yang membuat punggung lebih melengkung. Itu bisa mengubah struktur tulang punggung dan menekan saraf, yang menyebabkan sakit punggung.

Selain itu sepatu hak tinggi juga menambah beban pada lutut. Sebaiknya pilih sepatu dengan hak lebih rendah dan tebal untuk dipakai sehari-hari.

Tak hanya bagi wanita, poin lainnya juga berlaku untuk pria kok. Ingat ya, hindari hal di atas untuk menjaga postur tubuh kamu.

Berita Terkait

Berita Terkini