Wanita

Down Syndrome Tak Menghalanginya Jadi Model dan Brand Ambasador Kosmetik

Meski menderita down syndrome, Kate bisa menjadi model ternama.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Kate Grant. (Instagram/kategrantmodel)
Kate Grant. (Instagram/kategrantmodel)

Himedik.com - Peribahasa "jadikan kekuranganmu sebagai kelebihan" nampaknya benar-benar efektif. Pasalnya down syndrome yang diderita tidak menghambat karier perempuan yang berasal dari Co Tyrone, Irlandia Utara satu ini.

Melansir dari laman Metro, Kate Grant merupakan model dengan down syndrome yang cukup terkenal. Perempuan berusia 20 tahun itu dinobatkan sebagai juara dalam kontes Teen Ultimate Beauty of The World, menjadi model di atas catwalk di Belfast Fashion Week dan juga muncul di ITV acara This Morning.

Bahkan saat ini dia telah menjadi brand ambassador kosmetik merek Benefit. Kate dipilih lantaran fotonya yang mengenakan eyeliner merek tersebut mendapat banyak likes Instagram, bahkan hampir 5.000 likes.

Kate menyadari hal itu dan ingin menyebarkan kesadaran tentang inklusi untuk orang-orang berkebutuhan khusus. Itulah yang telah dia lakukan sejak awal. Dia sadar bahwa dia bisa melakukan itu dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh beberapa temannya. Dia menggunakan suaranya untuk mereka.

Perannya kurang lebih menjadi perwakilan Benefit, sebuah perusahaan yang menjual produknya di lebih dari 2.000 toko yang tersebar lebih dari 30 negara.

Kate Grant. (Instagram/kategrantmodel)
Kate Grant. (Instagram/kategrantmodel)

 

"Dia memiliki dorongan besar untuk menjadi supermodel. Saya suka optimismenya dan sebagai ibunya saya selalu ada untuk mendukungnya dalam optimisme itu," ungkap Deidre, ibu Kate. 

"Ketika Anda masih muda Anda berpikir langit adalah batasnya, tapi Kate dia tidak memiliki pemahaman yang kita miliki, bahwa hidup ini banyak hambatan. Dia tidak membiarkan rintangan menghalanginya atau ketidakmampuannya untuk menghalangi. Dia akan mengatakan 'Down syndrome tidak mendefinisikan siapa saya, saya Kate'." lanjutnya. 

Banyak netizen yang memuji Benefit karena menggunakan Kate untuk menjadi brand ambassador mereka. Bahkan ada yang berkomentar bahwa Kate sangat menginspirasi.

Sebagai informasi, dikutip dari Hellosehat, down syndrome adalah kelainan kromosom genetik paling umum. Kondisi ini menyebabkan ketidakmampuan belajar pada anak.

Pada umumnya down syndrome bukanlah penyakit keturunan, tetapi suatu kelainan genetik yang terjadi ketika bayi yang dikandung memiliki tambahan kromosom 21, baik salinan penuh atau hanya sebagian, yang terbentuk saat perkembangan sel telur, sperma, atau embrio.

Berita Terkini