Wanita

Ibu Menyusui Minum Alkohol, Ini 7 Dampak Buruk yang Bisa Terjadi!

Apa saja dampak minum alkohol pada ibu menyusui?

Vika Widiastuti

Ilsutrasi menyusui bayi - (Shutterstock)
Ilsutrasi menyusui bayi - (Shutterstock)

4. Mengurangi sistem kekebalan tubuh

Bayi, khususnya yang baru lahir, mendapatkan semua antibodi yang diperlukan untuk melawan infeksi dari ASI mereka. Tubuh bayi tidak dapat menyerap antibodi darinya bahkan jika ada sedikit alkohol dalam ASI.

Hal ini dapat menyebabkan bayi rentan terhadap penyakit dan infeksi pada tahap awal kehidupan, yang terbukti fatal.

5. Dapat menghambat perkembangan otak pada bayi

Jika bayi terpapar alkohol dalam jumlah tinggi selama tahun-tahun awal kehidupan mereka, mereka tidak hanya rentan terhadap masalah hati di kemudian hari, tetapi juga lebih rentan terhadap degradasi sel-sel otak mereka yang cepat dan dapat naik ke kondisi medis yang dikenal sebagai otak basah.

Ilustrasi ibu menyusui bayi. (Shutterstock)
Ilustrasi ibu menyusui bayi. (Shutterstock)

6. Risiko Sindrom Kematian Bayi Mendadak

Peningkatan konsumsi alkohol selama menyusui diketahui memiliki efek buruk pada hati bayi dan dapat meningkatkan kemungkinan Sindrom Kematian Bayi Mendadak

7. Keterlambatan perkembangan keterampilan motorik

Alkohol dalam ASI diketahui dapat menyebabkan keterlambatan perkembangan keterampilan motorik pada bayi karena mereka sering merasa mengantuk, tetapi tidak pernah cenderung cukup tidur karena alkohol dalam tubuh mereka.

Singkatnya, bayi-bayi tersebut tidak bereaksi terhadap rangsangan eksternal dan mungkin membutuhkan waktu lebih lama daripada rekan-rekan mereka yang lebih sehat untuk mencapai tonggak perkembangan. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

Berita Terkait

Berita Terkini