Wanita

Bukan Sekadar Penampilan, Tindik Telinga Ternyata Punya Manfaat Kesehatan

Ketahui 7 manfaat dari tindik telinga.

Vika Widiastuti

Ilustrasi telinga (Pixabay/MikesPhotos)
Ilustrasi telinga (Pixabay/MikesPhotos)

Himedik.com - Tindik telinga, di Indonesia umumnya dilakukan pada bayi perempuan. Hal ini seperti sudah menjadi kebiasaan.

Di India, praktik ini dikenal dengan nama Karna Vedha dan merupakan 1 dari 16 ritual yang dilakukan untuk menandai berbagai tahap kehidupan manusia, untuk menandakan warisan budaya, dan pengasuhan.

Di samping untuk mempercantik diri, tindik telinga ternyata bermanfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat tindik telinga yang perlu kamu tahu dilansir dari timesofindia.

1. Kesehatan reproduksi

Menurut Ayurveda, lobus telinga memiliki titik penting tepat di tengah. Poin ini merupakan salah satu titik terpenting untuk kesehatan reproduksi. Selain itu, tindik telinga juga bisa membantu menjaga siklus menstruasi yang sehat pada wanita.

2. Kesehatan otak

Tindik telinga pada anak-anak saat usia dini disebut untuk memastikan perkembangan otak yang tepat. Lobus telinga memiliki titik meridian yang menghubungkan belahan otak kanan ke belahan otak kiri.

Menusuk titik tersebut membantu mengaktifkan bagian-bagian otak ini. Prinsip-prinsip dalam terapi akupresur juga mengklaim bahwa titik-titik meridian ini ketika distimulasi akan membantu dalam perkembangan otak yang sehat dan cepat.

Tindik bayi (Shutterstock)
Tindik bayi (Shutterstock)

 

3. Energi

Saat orang wanita memakai anting-anting, dikatakan bahwa aliran energi akan bertahan di tubuh mereka.

4. Penglihatan

Titip pusat telinga adalah tempat pusat visi. Dengan demikian memberikan tekanan pada titik-titik ini membantu meningkatkan penglihatan.

5. Meningkatkan kesehatan telinga

Menurut Ayurveda, titik di mana telinga ditindik merupakan dua titik akrupesur penting, titik sensorik utama dan otak utama, Dua titik ini merupakan kunci dalam menjaga pendengaran anak Anda. Para ahli akupresur mengungkapkan, ini adalah titik untuk membantu meringankan gejala tinnitus (dering atau dengung telinga)

6. Kesehatan mental

Sejalan dengan perkembangan otak yang sehat, tindik telinga juga bisa mencegah gangguan mental. Menurut teori akupresur, memberikan tekanan pada titik-titik penting di telinga bisa membantu menjaga dari penyakit mental, seperti obsessive-compulsive disorder (OCD), kecemasan, dan kegelisahan.

7. Bagus untuk pencernaan

Stimulasi pada titik penting di telinga bisa membantu menjaga sistem pencernaan. Titik ini juga merupakan titik lapar dan memperkecil kemungkinan obesitas.

Berita Terkait

Berita Terkini