Wanita

Waspada Bagi Wanita Bertubuh Apel, Peneliti Ungkap Anda Berisiko Stroke!

Peneliti menemukan wanita yang bertubuh seperti buah apel lebih berisiko menderita penyakit kardiovaskular.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi wanita bertubuh apel - (Shutterstock)
Ilustrasi wanita bertubuh apel - (Shutterstock)

Himedik.com - Penelitian baru di Amerika Serikat  menemukan wanita yang bertubuh buah Apel lebih berisiko terserang penyakit kardiovaskular. Berbeda dengan wanita dengan berat badan normal atau bisa disebut bertubuh buah pir.

Apalagi wanita pascamenopause yang juga bertubuh seperti buah apel, pastinya mereka jauh lebih tinggi berisiko terserang penyakit daripada wanita lainnya.

Riset yang dilakukan Fakultas Kedokteran Albert Einstein, New York dilansir dari Asia One pun telah meneliti sebanyak 2.683 wanita usia 18 tahun dengan indeks massa tubuh normal (BMI) yang bebas dari penyakit kardiovaskular.

Hasilnya menunjukkan 25 persen wanita yang bertubuh buah apel alias tumpukan lemak di bagian tengah memiliki risiko sakit jantung lebih besar dua kali lipat.

Bahkan 25 persen lainnya juga berisiko terserang stroke. Berbeda dengan 25 persen wanita yang bertubuh buah pir alias memiliki tumpukan lemak di bagian kaki.

Ilustrasi serangan jantung. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi serangan jantung. (Sumber: Shutterstock)

Mereka yang bertubuh buah pir justru 40 persen lebih rendah berisiko menderita penyakit kardiovaskular. Penelitian menemukan wanita yang bertubuh apel 3 kali lipat lebih berisiko menderita penyakit kardiovaskular.

Risiko menderita penyakit kardiovaskular pada wanita bertubuh buah apel tentu akan berkurang jika mereka mau mengurangi tumpukan lemak di bagian tengahnya.

Namun, penelitian ini hanya melihat dari hubungan tempat lemak menumpuk dengan risiko kardiovaskular.

Para peneliti tidak menganalisis riset ini dengan hubungan sebab akibat lainnya yang mungkin saja memengaruhi seseorang lebih berisiko menderita penyakit kardiovaskular.

Berita Terkait

Berita Terkini