Wanita

Simak, Bau Badan Perempuan Paling Wangi saat Dua Fase Ini

Wanita akan mengeluarkan bau badan yang menarik di 2 fase tersebut.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi menunjukkan ketiak - (Pixabay/StockSnap)
Ilustrasi menunjukkan ketiak - (Pixabay/StockSnap)

Himedik.com - Pada setiap bulannya, ada waktu tertentu di mana bau badan perempuan akan memiliki aroma yang lebih menarik daripada waktu lainnya, menurut sebuah studi terbaru.

"Kami tertarik apakah bau ketiak berubah di seluruh siklus menstruasi," kata penulis studi Jan Havlieek dari Departemen Antropologi di Universitas Charles, Praha.

"Untuk menguji ini, kami meminta sekelompok wanita untuk mengenakan bantalan kapas di ketiak mereka selama 24 jam," sambungnya, melansir Live Science.

Para responden tidak disarankan untuk memakai parfum, deodoran, makanan makanan pedas atau berbau, merokok, minum alkohol atau menggunakan kontrasepsi homonal seperti pil.

Pemilihan waktu penggunaan ada pada tiga fase, yakni saat awal menstruasi, folikular atau masa antara hari pertama menstruasi dan timbulnya ovulasi, dan luteal atau masa subur.

Hasilnya, ternyata aroma tubuh paling menarik adalah saat masa antara hari pertama menstruasi dan ovulasi, kata pria.

Ilustrasi bau badan (Shutterstock)

Siklus

Siklus menstruasi selama 28 hari melibatkan perubahan fisiologis pada wanita untuk mempersiapkan kemungkinan kehamilan. Ini dikendalikan oleh sistem hormon reproduksi.

Sebuah siklus dibagi menjadi empat bagian dan dimulai pada hari pertama menstruasi, yang merupakan penumpahan jaringan dan darah dari rahim.

Pada fase folikular, folikel dominan tumbuh dan siap berovulasi. Telur matang kemudian dilepaskan dalam fase yang dikenal sebagai ovulasi sekitar hari ke-12. Siklus berakhir dengan fase subur.

Dari studi Havlieek ini, responden pria mengatakan aroma saat fase folikular adalah yang paling menarik dan tidak intens atau menyengat. Di sisi lain, bau dengan intensitas tertinggi, sesuai dengan daya tarik terendah untuk pria, ditemukan selama masa pendarahan menstruasi.

Berita Terkait

Berita Terkini