Wanita

Payudara Nyeri Mendadak, Perlukah Wanita Khawatir?

Ada beberapa penyebab payudara nyeri selain penyakit serius.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Penyudara nyeri (Shutterstock)
Penyudara nyeri (Shutterstock)

Himedik.com - Saat payudara nyeri secara tiba-tiba, Anda mungkin akan berpikir hal itu disebabkan oleh masalah serius. Padahal tidak selalu demikian. Ada beberapa faktor yang membuat payudara terasa nyeri secara tiba-tiba, dan ini di luar masalah kesehatan serius.

"Nyeri payudara adalah keluhan umum wanita. Perubahan hormonal yang melibatkan estrogen adalah penyebab utama nyeri payudara," jelas Sherry Ross, MD, OB/GYN, dilansir Bustle.

Jika tidak yakin, Anda dapat pertimbangkan beberapa cara ini untuk mengetahui apakah nyeri payudara yang dirasakan normal atau tidak.

1. Mengonsumsi kopi atau kafein

Kandungan kafein di dalam kopi disebut dapat menyebabkan nyeri payudara. "Jika Anda seorang penyuka kopi dan biasa meminum espresso dan mengalami nyeri payudara, itu akan dianggap normal karena terlalu banyak konsumsi kafein," kata Ross.

Payudara Nyeri Mendadak, Perlukah Wanita Khawatir? - 1
Ilustrasi nyeri payudara (Shutterstock)

2. Merokok

"Hal yang sama akan berlaku jika Anda seorang perokok berat. Kafein dan nikotin adalah penyebab umum nyeri di kedua payudara," tambahnya.

3. Mendekati masa menstruasi

Payudara akan cenderung sakit pada satu atau dua minggu sebelum menstruasi. "Beberapa wanita mengalami perubahan di payudara mereka saat bertepatan dengan menstruasi," jelas Nesochi Okeke-Igbokwe, MD, MS.

Ia menambahkan, perubahan payudara fibrokistik ini tidak perlu dikhawatirkan dan gejala biasanya cenderung membaik menjelang akhir siklus menstruasi.

4. Periksa apakah kedua payudara terpengaruh atau tidak

"Nyeri payudara yang normal terjadi di kedua payudara. Jika hanya satu payudara Anda yang lunak, ini bisa menjadi perhatian. Infeksi payudara cenderung terjadi hanya pada satu payudara, tidak keduanya," imbuh Ross.

Payudara Nyeri Mendadak, Perlukah Wanita Khawatir? - 2
Ilustrasi payudara (Shutterstock)

5. Penggunaan bra

Ukuran bra yang tidak sesuai tentu akan berdampak pada payudara. "Jika Anda memakai bra yang terlalu ketat atau bahkan terlalu besar dan tidak memberikan dukungan yang memadai, maka ini bisa menyebabkan nyeri payudara," ujar Okeke-Igbokwe.

6. Terlalu banyak berolahraga

Menurut Okeke-Igbokwe, olahraga bisa saja menyebabkan ketegangan otot di daerah dinding dada. "Bergantung pada jenis aktivitas yang diikuti, melibatkan dinding dada, Anda pasti bisa mengalami ketegangan dan nyeri," katanya.

7. Berapa lama sakit berlangsung

Penting untuk mengetahui kenormalan payudara Anda sendiri dan mencari tahu penyebab setiap perubahan yang terjadi.

"Nyeri yang tidak hilang setelah satu siklus menstruasi, nyeri parah, atau nyeri pada wanita menopause atau berisiko terkena kanker payudara harus dievaluasi oleh dokter," kata Dr. Raquel Dardik , ginekolog di profesor klinis di Departemen Obstetri dan Ginekologi di NYU Langone Medical Center.

Berita Terkait

Berita Terkini