Anak

Tingkatkan Keterampilan Berbahasa Anak dengan Belajar Piano

Belajar piano bisa membuat anak-anak terampil berbahasa

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi anak bermain piano. (shutterstock)
Ilustrasi anak bermain piano. (shutterstock)

Himedik.com - Suka kagum dengan kemampuan piano dalam menghasilkan banyak suara serta nada-nada yang unik? Hal itu dikarenakan piano memiliki 88 kunci dan ratusan senar internal. Dan yang lebih menakjubkan, belajar piano juga dapat membantu keterampilan bahasa pada anak, lho.

"Ada bukti bahwa memelajari dasar-dasar piano dapat meningkatkan pembelajaran suara yang luas pada anak, tidak hanya dari segi musik, tetapi juga bahasa," kata seorang ahli saraf kognitif di Institut McGovern Institut Massachusetts, John Gabrieli.

Untuk itu, tim peneliti mengimbau pemerintah agar bersedia membangun badan penelitian di bidang musik dan perkembangan masa kanak-kanak. Dengan cara seperti itu, kata mereka, anak-anak dapat terbantu dalam meningkatkan keterampilan mereka memroses bahasa.

Penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Proceedings of National Academy of Sciences ini, peneliti membagi 74 murid TK usia 4-5 tahun yang berbahasa Mandarin menjadi tiga kelompok.

Satu kelompok mengambil pelajaran piano selama 45 menit setiap minggu, satu kelompok mendapat jumlah instruksi bacaan tambahan, dan kelompok terakhir tidak melakukan keduanya.

Setelah enam bulan, kelompok-kelompok itu tidak menunjukkan perbedaan signifikan dalam ukuran kemampuan kognitif umum seperti IQ, ingatan, dan fokus perhatian. Tetapi kelompok anak yang belajar piano memiliki perbedaan.

Dibandingkan dengan anak-anak lain di kelompok membaca tambahan, anak-anak yang mengambil pelajaran piano secara signifikan lebih baik dalam membedakan kata-kata yang diucapkan secara berbeda dengan satu konsonan.

Misal konsonan seperti "T" dan "D" yang terdengar sangat mirip. "Huruf konsonan membutuhkan sedikit lebih banyak presisi untuk membedakan satu dari yang lain daripada huruf vokal," kata seorang peneliti. Ini menunjukkan bahwa pelajaran piano terbukti mampu memengaruhi elemen penting dari pemrosesan bahasa.

Suara.com/Risna Halidi

Artikel ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul: Belajar Piano Bisa Meningkatkan Keterampilan Bahasa pada Anak

Berita Terkait

Berita Terkini