Anak

Ini Makanan yang Baik Untuk Pertumbuhan Anak

Agar anak-anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik dibutuhkan asupan makanan yang bernutrisi.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi anak makan. (shutterstock)
Ilustrasi anak makan. (shutterstock)

Himedik.com - Agar anak-anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik dibutuhkan asupan makanan yang bernutrisi lengkap dan seimbang.  Menurut, dr Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, SpGK, spesialis gizi klinik RSCM, otak membutuhkan oksigen, glukosa, zat besi, dan lemak sebagai bahan bakar sehingga anak mampu berpikir dan menyerap informasi dengan cepat.

"Semua orangtua ingin anaknya cerdas tapi pertanyaannya apakah mereka tahu makanan apa saja yang dibutuhkan otak? Otak butuh oksigen, glukosa dari nasi, kentang, umbi-umbian, lalu juga butuh zat besi dan asam omega 3 serta 6 dari lemak," ujar dr Ratna pada temu media SGM Eksplor di Bekasi, Sabtu (28/7/2018).

Ia menambahkan, seringkali orangtua memberikan menu makanan yang kurang lengkap pada buah hatinya. Padahal anak membutuhkan menu makanan yang lengkap dan seimbang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak yang merupakan zat gizi makro dan vitamin serta mineral yang merupakan zat gizi mikro.

"Selain itu anak juga perlu pangan fungsional yakni serat dari sayur dan buah-buahan. Serat ini akan diolah tubuh menjadi bahan makanan untuk bakteri probiotik," tambah dia.

Zat besi dibutuhkan agar anak tidak anemia. Jika anak lelah, letih, lesu maka anak tidak dapat tumbuh cerdas. Itu sebabnya anak, kata dr Ratna harus mendapat asupan dari sumber nabati dan hewani.

"Tipsnya agar anak tumbuh dengan baik, sediakan makanan sumber hewani dan nabati. Nggak boleh makanan itu-itu saja. Anak juga harus bergerak aktif di bawah sinar matahari karena vitamin D bisa didapat dari sinar matahari," kata dr Ratna menjelaskan.

Suara.com/Firsta Nodia

Artikel ini pernah diterbitkan Suara.com dengan judul: Ini Asupan yang Dibutuhkan Otak agar Anak Mampu Berpikir Cerdas

Berita Terkait

Berita Terkini