Anak

Seberapa Sering Kamu Harus Memandikan Bayi yang Baru Lahir?

Ini waktu yang tepat memandikan bayi yang baru lahir.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Bayi baru lahir. (unsplash)
Bayi baru lahir. (unsplash)

Himedik.com - Salah satu momen bahagia seorang ibu adalah ketika sang buah hati lahir ke dunia. Di saat itu, ikatan emosional antara ibu dan si kecil mulai terbangun melalui berbagai tindakan, misalnya saat si kecil digendong, diajak berbicara hingga dimandikan.

Di awal, kamu pasti agak merasa sulit apa yang harus kamu berikan kepada si kecil untuk membuatnya merasa nyaman. Apalagi itu adalah anak pertamamu.

Misalnya, bagaimana cara kamu memandikannya. Ratusan pertanyaan dan keraguan menyelimuti pikiranmu sebagai ibu baru.

Bicara soal memandikan bayi, kebersihan adalah salah satu faktor penting yang diperlukan untuk menjaga bayi baru lahir bebas dari infeksi dan tetap sehat.

Lalu, amankah memandikan bayi terlalu sering? Dilansir boldsky, HiMedik temukan jawabannya.

Para ahli maternal mengatakan, meskipun menjaga kebersihan bayi adalah sebuah hal penting, kamu tak perlu memandikannya setiap hari.

Bayi baru lahir. (unsplash)
Bayi baru lahir. (unsplash)

Kulit bayi yang baru lahir sangat licin dan lembut dan kamu harus sangat hati-hati agar tak mengalami cedera saat mandi.

Selain itu, memandikan bayi setiap hari dapat menghilangkan kelembapan kulit yang lembut dan membuat kulit kering dan bersisik.

Jadi, disarankan untuk memandikan bayi sekitar dua atau tiga kali dalam seminggu. Mandi setiap hari juga bisa membuat mereka rentan terhadap pilek dan flu.

Memandikan bayi yang baru lahir membutuhkan banyak latihan karena mereka harus ditangani dengan hati-hati. Sang ibu jugua harus tak terburu-buru ketika memandikan si kecil.

Idealnya, bayi yang baru lahir dapat dimandikan di bak dangkal dengan air suam-suam kuku. Dan ketika kamu tak memandikan bayi, kamu bisa menyeka wajah, kelamin dan pantat bayi dengan tisu basah secara berkala.

Kamu juga bisa menggunakan bedak bayi untuk menjaga bayi tetap segar dan bersih.

Berita Terkait

Berita Terkini