Anak

Tiga Mitos Seputar Gangguan Pencernaan pada Si Kecil

Salah satunya yaitu minyak angin bisa redakan perut kembung. Benarkah?

Rendy Adrikni Sadikin | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi mengayun bayi. (iStock)
Ilustrasi mengayun bayi. (iStock)

Himedik.com - Gangguan pencernaan merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering menimpa siapa saja. Termasuk pada bayi, masalah kesehatan ini tak jarang membuat para ibu panik. Padahal hal tersebut wajar saja terjadi mengingat sistem pencernaan si kecil belum bisa bekerja dengan sempurna.

Bahkan karena masalah ini, banyak mitos yang beredar mengenai pencernaan si kecil. Apa saja sih mitosnya?

1. Kopi bisa mengatasi sembelit si kecil

Bun, ini jelas mitos ya jangan sampai dipraktikkan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sistem pencernaan si kecil belum bekerja secara sempurna.

Untuk konsumsi MPASI saja perlu menunggu usia si kecil siap dan makanan pengganti tidak boleh asal pilih. Nah apalagi kopi bun?

Yang mana kandungan kafeinnya bisa memberikan efek gelisah, sakit kepala, dan jantung berdebar pada orang dewasa.

Jadi, sama seperti orang dewasa, sembelit pada bayi bisa diatasi dengan makanan yang mengandung serat dan prebiotik. Jika bunda masih bingung, cara paling aman adalah bertanya ke bidan atau dokter.

Ilustrasi meberikan asupan tinggi serat pada bayi. (haibunda)
Ilustrasi meberikan asupan tinggi serat pada bayi. (haibunda)

2. Gumoh pengaruhi nutrisi

Sebenarnya wajar saja jika bayi gumoh, karena ukuran lambungnya masih kecil. Selain itu, cincin otot penunjang proses menelan dan minum juga belum bisa bekerja sempurna. Umumnya bayi akan berhenti gumoh ketika usianya menginjak 6 bulan.

Jadi ini tidak akan pengaruhi asupan nutrisi si kecil kok bun. Kecuali, jika gumoh dirasa berlebihan hingga menyebabkan si kecil terlihat gelisah dan lesu, maka disarankan segera dibawa ke dokter.

3. Minyak angin bisa redakan kembung

Pijat bayi. (babycentre)
Ilustrasi mengoleskan minyak angin. (babycentre)


Hingga saat ini, kabar ini masih dipercaya bisa meredakan perut kembung bahkan pada orang dewasa sekali pun. Padahal faktanya, belum ada bukti klinis bahwa mengoleskan minyak angin pada perut bisa meredakan kembung si kecil.

Meski demikian, tidak ada salahnya kok memberikannya minyak angin. Karena sensasi hangat dari minyak bisa membuat bayi merasa lebih nyaman.

Untuk meredakannya, bunda bisa berikan nutrisi dengan kandungan rendah laktosa dan tinggi serat. Pasalnya sejumlah penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi makanan rendah laktosa dan tinggi serat bisa mengurangi gangguan sistem pencernaan.

Sebagai penutup, jadilah ibu yang bijak ya bunda. Jangan asal terima mentah-mentah informasi yang entah dari mana datangnya.

Berita Terkait

Berita Terkini