Anak

Empat Tips Membuat Suasana Mandi Anak Agar Tidak Membosankan

Kamu bisa ciptakan sesuatu yang bervariasi jika anak sulit mandi atau malas mandi.

Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C

Ilustrasi anak mandi (home-supplies.info)
Ilustrasi anak mandi (home-supplies.info)

Himedik.com - Ada kalanya dimana anak-anak malas mandi bahkan tidak mau mandi. Kondisi ini sering terjadi karena dia sedang asik bermain, asik menonton tv, atau asik melakukan hal lain.

Sebagai orangtua, pasti kesal menghadapi anak yang malas mandi. Tenang, ada beberapa tips nih supaya anak semangat untuk mandi.

1. Mandi busa dan gelembung

Mungkin anak bosan jika mandi dengan air biasa. Kamu bisa ciptakan busa dan gelembung di dalam air ketika si kecil mandi. Cara ini juga melatih motorik dengan memintanya meniup, memecahkan, dan menciptakan gelembung sendiri.

2. Biarkan anak menggambar di tembok saat mandi

Ada jenis krayon khusus mandi yang dapat kamu berikan kepada si kecil untuk dia mencoret-coret di tembok. Dengan begitu, dia jadi menikmati waktu mandinya dan tidak sadar saat kamu menggosok badannya.

Tenang Moms, jenis krayon ini dapat hilang hanya dengan disiram air.

3. Siapkan mainan favorit anak

Ilustrasi anak mandi (deltadl)
Ilustrasi anak mandi (deltadl)

Taruhlah beberapa mainan seperti bebek karet, perahu, atau boneka karet yang dapat mengapung di dalam air agar si kecil tidak malas untuk mandi.

4. Ajak saudara kandungnya

Dengan mengajak kakak atau adiknya, dia akan bersemangat untuk mandi karena bisa sambil main bersama. Selain itu, kamu juga menghemat waktu dengan tidak memandikan anak 2 kali.

Ayo terapkan tips ini kepada anak, Moms.

Berita Terkait

Berita Terkini