Anak

Anak Sulit Tidur Siang? Bujuklah dengan 3 Tips Ini

Tidur yang cukup penting untuk sistem kekebalan dan kesehatan tubuh si anak.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Krishnayanti C

Ilustrasi anak tidur siang (pixabay)
Ilustrasi anak tidur siang (pixabay)

Himedik.com - Hampir setiap anak kecil menolak jika diajak tidur siang. Mereka lebih memilih bermain dengan teman-temannya dan bermain dengan mainannya sendiri atau menonton televisi dibandingkan tidur siang.

Di usianya yang masih anak-anak, mereka memang sedang senang-senangnya mengeksplor dan mengenal dunia. Maka dari itu, anak-anak tidak ingin kehilangan waktu bermainnya karena tidur siang.

Padahal, tidur cukup membantu tubuh anak memproduksi hormon pertumbuhan (HGH) yang merangsang pertumbuhan tinggi badannya serta melindungi anak dari kerusakan pembuluh darah jantung.

Selain itu, tidur yang cukup juga melindungi anak-anak dari risiko kenaikan berat badan berlebihan akibat peningkatan hormon stres.

Moms, jangan ambil tindakan untuk memarahinya terlebih dahulu jika anak tidak mau tidur siang. Cobalah cara-cara berikut untuk membujuk anak tidur siang.

1. Ajak anak tidur siang tidak lama setelah dia makan siang

Umumnya, seseorang pasti mengantuk setelah makan. Begitu juga anak-anak. Setelah anak selesai makan siang, selang 15 menit, ajaklah dia untuk tidur siang.

Ciptakan lingkungan yang nyaman, seperti nyalakan AC atau kipas, matikan lampu dan televisi sehingga anak terbawa suasana dan lebih cepat tidur.

2. Jadwalkan waktu tidur siang yang sama setiap hari

Ilustrasi anak tidur siang (pixabay)
Ilustrasi anak tidur siang (pixabay)

Samakan jam tidur siang anak setiap harinya, bahkan ketika ia libur. Dengan begitu, tubuhnya juga akan otomatis membiasakan diri tidur siang di jam tersebut.

3. Jelaskan bahwa dia bisa meneruskan bermain setelah tidur siang

Jika dia sedang bermain di luar bersama temannya, ajaklah pulang dan beri pengertian bahwa temannya juga harus tidur siang.

Selain itu, jelaskan kepada si anak jika dia bisa melanjutkan bermain atau menonton televisi setelah tidur siang.

Bila anak tetap menolak tidur siang, sebaiknya jangan terlalu dipaksa. Karena semakin anak dipaksa, semakin dia tidak mau melakukannya.

Berita Terkait

Berita Terkini