Anak

Pilu, Kisah Bayi yang Lahir Tanpa Batok Kepala

Sempat diprediksi tak akan bertahan hidup bahkan setelah lahir.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Kisah Owen, Bayi yang Lahir Tanpa Batok Kepala. (facebook/@On Angels 'Wing)
Kisah Owen, Bayi yang Lahir Tanpa Batok Kepala. (facebook/@On Angels 'Wing)

Himedik.com - Mukjizat memang tidak ada yang tahu kapan bisa terjadi. Kalimat tersebut pantas disematkan kepada Owen Masterson.

Owen, bocah laki-laki menjadi salah satu anak yang beruntung bisa hidup dengan kondisi lahir tanpa batok kepala. Pasalnya, dokter memprediksi dia tidak akan bisa bertahan hidup.

Dilansir dari metro.co.uk, tim medis menyarankan orangtuanya, Tom dan Jessie Masterson untuk mengakhiri kehamilan. Tetapi mereka tetap bersikukuh untuk tidak melakukan itu karena alasan agama.

Saat Owen lahir dan hidup, sepertinya tidak ada kata-kata yang bisa menggambarkan perasaan bahagia pasangan ini.

Menurut dokter, Owen Masterson memiliki kondisi Acalvaria - kondisi otak yang hanya dilindungi oleh lapisan kulit.

Kondisi ini adalah salah satu kondisi langka di mana hanya sekitar 10 bayi yang bisa bertahan hidup lebih dari beberapa jam setelah kelahiran.

Owen tidak dapat bergerak dan tidak suka memakai pelindung kepala apapun. Namun, terlepas dari kondisinya, ayah dan ibunya mengatakan balita itu sempurna dari leher ke bawah dan bahkan otaknya berkembang dengan baik.

Kisah Owen, Bayi yang Lahir Tanpa Batok Kepala. (facebook/@On Angels 'Wing)
Kisah Owen, Bayi yang Lahir Tanpa Batok Kepala. (facebook/@On Angels 'Wing)

Dokter mengatakan kepada orangtuanya bahwa Owen bisa melihat sesuatu jika berada dalam jarak yang dekat. Owen juga bisa tersenyum dan tertawa ketika bahagia.

Ayah Owen, Tom, mengatakan kepada Springfield News-Leader,''Kami tidak melihat ini sebagai kecelakaan tragis yang mengerikan.

''Untuk alasan apa pun, inilah yang harus kita lalui dan alami. Ini adalah musim kehidupan yang akan kita alami sekarang. Hidup ini penuh dengan itu.''

Tom yang merupakan seorang asisten kepala sekolah, bercerita bahwa saat ia mendengar putranya yang belum lahir tidak memiliki batok kepala ia jatuh pingsan.

Kedua orangtua Owen mengatakan saat ini dokter menolak untuk melakukan prognosis setelah harapan hidup Owen jauh melebihi harapan mereka.

Jessica, yang bekerja sebagai ahli terapi bicara menambahkan ''Ini sangat menantang, tetapi saya tidak akan mengubahnya. Saya mencintai dirinya apa adanya.''

Grup facebook, On Angels 'Wings, membagikan kisah Owen. Dari grup ini diketahui dokter mengatakan Owen tidak akan hidup bahkan dalam sehari. Tetapi saat ini, Owen, seorang bocah pemberani, telah berusia satu tahun!

Berita Terkait

Berita Terkini