Anak

Guna Cegah Eksploitasi Seksual pada Anak, Facebook Luncurkan AI

Facebook kini tengah mengembangkan AI sebagai upaya untuk mencegah eksploitasi seksual pada anak.

Rauhanda Riyantama

Facebook ramah pada anak. (NextAdvisor)
Facebook ramah pada anak. (NextAdvisor)

Himedik.com - Seiring perkembangan teknologi, berbagai macam inovasi kian bermunculan. Salah satunya adalah sistem kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). 

Bicara soal AI, Facebook kini tengah mengembangkan AI sebagai upaya untuk mencegah eksploitasi seksual pada anak. Konkretnya, Facebook akan memasang sistem keamanan canggih berdasarkan algoritma tertentu.  

Kepala Keamanan Global Facebook, Antigone Davis, menyatakan bahwa sistemnya akan mulai aktif hari ini (25/10/2018). Sistem ini akan mendeteksi konten sensual terutama pada anak dan gambar-gambar telanjang secara otomatis.

Dalam uji coba mesin sebelum peluncuran, sistem AI berhasil mendeteksi 8,7 juta konten terkait dengan eksploitasi seksual pada anak.

Untuk menghadapi konten terkait eksploitasi seksual, Facebook mengandalkan mesin AI dan manusia terutama untuk konten yang paling sensitif.

Teknologi ini akan bergabung dengan teknologi yang lama sehingga Facebook bisa menemukan konten terkait dengan lebih cepat.

Setelah menemukan konten eksploitasi seksual pada anak, Facebook langsung melaporkan hal ini kepada National Center for Missing and Exploited Children (NCMEC).

Dalam pernyataan resmi Facebook, mereka juga telah bekerja sama dengan lebih dari 400 organisasi di seluruh dunia untuk menangani hal ini.

Sistem AI baru milik Facebook juga secara otomatis menemukan akun lain yang terlibat dan telah berinteraksi dengan akun tersangka.

Dikutip dari Gizmodo, dari jutaan konten terkait dengan eksploitasi seksual anak, Facebook telah menghapusnya. Sebanyak 99 persen dari 8,7 juta konten yang terdeteksi, telah dihapus oleh Facebook sebelum ada yang melaporkannya.

Selain menghapus konten, Facebook juga secara otomatis akan mendeteksi akun mana saja yang telah mempromosikan jenis konten tersebut.

Facebook memiliki tim dengan latar belakang penegak hukum, keamanan online, dan penyelidik forensik untuk memaksimalkan keamanan terkait dengan konten sensitif.

Selain dengan organisasi LSM, mereka juga bekerja dengan Internet Watch Foundation dan WePROTECT untuk membasmi eksploitasi seksual anak secara online.

Artikel terkait dimuat Hitekno.com dengan judul: Cegah Eksploitasi Seksual Pada Anak, Facebook Hadirkan Sistem AI

Berita Terkait

Berita Terkini