Anak

Selain Ikan, Empat Makanan Ini Bisa Bikin Anak Lebih Cerdas

Asupan makanan yang baik tentu harus kaya nutrisi dan gizi.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi bayi cerdas. (pixabay)
Ilustrasi bayi cerdas. (pixabay)

Himedik.com - Setiap anak memang memiliki tingkat kecerdasan masing-masing. Namun, kecerdasan anak juga bisa dipengaruhi oleh asupan makanan yang baik.

Asupan makanan yang baik tentu harus kaya nutrisi dan gizi, sehingga bermanfaat untuk mencerdaskan otak anak. Dirangkum Himedik dari berbagai sumber, berikut beberapa makanan yang baik untuk kecerdasan anak.

1. Ikan

Bukan rahasia lagi jika ikan dapat mencerdaskan otak anak. Ikan mengandung asam lemak dan omega 3 yang sangat baik. Nutrisi yang terkandung di dalam ikan juga sangat baik untuk tumbuh kembang anak.

2. Sayuran berwarna

Ilustrasi sayuran. (shutterstock)
Ilustrasi sayuran. (shutterstock)

Berbagai jenis sayuran berwarna sepeti tomat, wortel, kubis, labu, hingga brokoli adalah sayuran yang kaya antioksidan dan sangat baik untuk mencerdaskan anak. Sayuran ini juga sangat baik untuk meningkatkan tumbuh kembang anak, baik secara fisik maupun psikis. 

Berbagai sayuran itu juga dipercaya dapat mencegah beragam penyakit, salah satunya kanker.

3. Telur

Makanan selanjutnya yang bantu mencerdaskan otak anak adalah telur. Telur adalah makanan kaya protein. Di dalam kuning telur bahkan mengandung kolin yang sangat baik untuk perkembangan otak.

4. Kacang Hijau

Makanan lainnya yang juga bermanfaat baik untuk fungsi otak anak adalah kacang hijau. Kacang hijau mengandung vitamin C, asam folat, zat besi, zinc, potassium, magnesium, mangan, fosfor, tembaga dan thiamin yang semuanya penting bagi kesehatan tubuh khususnya penting bagi otak.

5. Susu atau olahannya

Produk susu. (agrimaroc.ma)
Produk susu. (agrimaroc.ma)

Susu dan olahannya sangat baik dalam mencerdaskan otak anak. Susu mengandung protein tinggi, vitamin D dan vitamin B yang berperan aktif dalam menjaga dan memperbaiki sel-sel di otak.

Itulah beberapa makanan yang bernutrisi tinggi untuk membantu mencerdaskan otak anak. Semoga informasi ini bermanfaat dan sajikan makanan-makanan ini untuk buah hati ya mom.

Berita Terkait

Berita Terkini