Anak

Xabiru Makan Sendiri lho, Simak yuk Manfaatnya untuk Si Kecil

Belum genap setahun, Xabiru sudah diajari makan sendiri. Apa sih manfaatnya?

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Xabiru. (Instagram/@rachelvennya)
Xabiru. (Instagram/@rachelvennya)

Himedik.com - Ketika usia buah hati masih di bawah satu tahun, para bunda cenderung menyuapi si kecil agar makanan cepat habis dan tidak belepotan. Namun, lain halnya dengan Xabiru. Anak pertama dari pasangan Rachel dan Niko ini sudah diajari makan sendiri bahkan ketika usianya masih 10 bulan.

Terlihat dalam sebuah unggahan video di instagram @rachelvennya, Biru sedang lahap mengunyah makanan sembari tangan kiri memegang roti. Belum habis makanan di mulutnya, tangan kanannya meraih roti di depannya dan melahapnya.

Di postingan lain juga ada foto Biru sedang duduk di kursi memegang sendok. Terlihat dalam foto, makanan dalam mangkuk habis, tapi sisanya berlumuran di area meja dan pipinya. Sangat menggemaskan.

Xabiru. (Instagram/@rachelvennya)
Xabiru. (Instagram/@rachelvennya)

 

Nah, bunda tidak ada salahnya lho membiarkan si kecil makan sendiri seperti Xabiru. Pasalnya menurut Gillian Leng selaku kepala eksekutif National Institute for Health and Care Excellence (NICE), waktu makan yang santai dan menyenangkan dapat mendorong anak-anak makan lebih banyak. Bahkan, Gillian juga menyarankan para orang tua agar memberi kesempatan anaknya makan sendiri.

Tentunya ini bisa menjadi solusi ketika si kecil makannya kurang lahap ya bun. Cobalah ajari anak makan sendiri, meski berantakan pasti si kecil akan senang hati melakukannya.

Namun, jangan lepas kontrol. Tetap awasi si kecil, karena bukan tidak mungkin anak tersedak atau makanannya malah dibuat mainan. Serta perlahan ajari bagaimana cara memegang sendok yang benar. Bagaimana bun, mau coba latih si kecil makan sendiri juga seperti Xabiru?

Berita Terkini