Anak

Empat Tips Memilih Sekolah untuk Anak, Moms Wajib Tahu

Jangan sampai sembarangan pilih ya moms.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi anak sekolah. (pixabay/White77)
Ilustrasi anak sekolah. (pixabay/White77)

Himedik.com - Banyak pertimbangan yang harus diperhatikan ketika memilih sekolah untuk anak. Biaya, lokasi sekolah, fasilitas, dan lain sebagainya.

Nah, bagi para orang tua yang sedang bingung, berikut ada beberapa tips memilih sekolah anak yang dilansir dari laman ourkids.

1. Pahami anak

''Sebelum memikirkan fitur-fitur sekolah tertentu, mulailah dengan melihat kebutuhan, kekuatan, dan kepribadian anak Anda secara keseluruhan,'' jelas konsultan pendidikan Judy Winberg seperti dikutip dari laman ourkids.

Pasalnya hanya karena orang tua pergi ke sekolah atau jenis sekolah tertentu bukan berarti itu tepat untuk anak-anak mereka. Selalu pertimbangkan kebutuhan khusus anak.

2. Buat daftar

''Saya merekomendasikan agar orang tua mulai dengan membuat daftar,'' kata Winberg.

''Tanyakan pada dirimu, apa yang paling penting dan tuliskan semuanya. Simpan daftar itu untuk membantu Anda tetap fokus selama proses pencarian untuk menghindari mengabaikan sesuatu.''

Faktor-faktor lain yang cenderung dipertimbangkan orang tua mencakup minat dan bakat anak serta kegiatan ko-kurikuler apa yang tersedia.

Ilustrasi minat anak. (pixabay/cherylt23)
Ilustrasi minat anak. (pixabay/cherylt23)

3. Evaluasi sekolah

Winberg menyarankan bahwa apa yang dikatakan orang tua lain tentang sekolah, tidak harus menjadi salah satu faktor penentu.

''Hanya karena satu anak memiliki pengalaman positif atau negatif bukan berarti anak Anda akan memiliki pengalaman yang sama,'' jelasnya.

Sebagai saran, Anda bisa memulai dengan mengunjungi pameran sekolah. Atau melihat situs web sekolah yang seringkali merupakan tempat yang baik untuk mencari informasi.

4. Kunjungi sekolah potensial

Setelah membuat daftar singkat sekolah, Anda siap untuk mulai tur. Sebagian besar sekolah menawarkan semacam tur untuk membantu keluarga lebih mengenal program dan lingkungan mereka.

''Kunjungan sekolah adalah kesempatan untuk menetapkan apa yang orang tua dan siswa inginkan dan harapkan dari sekolah, serta apa harapan sekolah dari para siswa," kata Cathy Lee, direktur penerimaan di Bodwell High School di North Vancouver, BC.

Bagaimana moms, sudah memiliki sedikit gambaran bagaimana tentang sekolah anak nantinya? Ingat ya moms, jangan menuruti ambisi orang tua semata, sertakan anak juga dalam memilih sekolah karena mereka berhak memilih.

Berita Terkait

Berita Terkini