Anak

Telan Magnet, Beberapa Bagian Usus Bocah Ini Terpaksa Harus Diangkat

Orangtua wajib baca!

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Magnet. (Unsplash/zengxiao lin)
Magnet. (Unsplash/zengxiao lin)

Himedik.com - Beck White (4) terpaksa harus menjalani operasi pengangkatan bagian usus setelah dirinya menelan bola magnet dari sebuah mainan.

Ibunya, Jennifer White mengira putranya menderita flu setelah ia jatuh sakit pada 26 Desember, menurut laman Newsweek.

White mengatakan bahwa ia menyadari ada sesuatu yang salah ketika putranya mulai muntah dengan warna yang sangat gelap. "Itu terlihat seperti bubuk kopi," ungkapnya.

Dalam sebuah postingan yang dibagikan pada 27 Desember, ia mengunggah gambar anaknya yang sakit dan menjelaskan, putranya telah menelan 13 magnet kecil yang ada di dalam. Namun, tidak jelas mainan magnet apa yang menyebabkan kondisi Beck seperti itu.

"Saya tidak ingin anak lain mengalami ini. Jika kamu memiliki anak kecil atau mainan ini segera singkirkan mainannya karena anjing juga bisa memecahkan mainan tersebut," kata White.

Magnet tersebut telah menembus lubang pada organ anak itu dan memicu infeksi. Dokter mengatakan kepada keluarga Beck bahwa ia harus tetap di rumah sakit hingga empat hari.

Beck juga mengalami kondisi autis sehingga keluarganya berhati-hati dengan mainan yang diberikan padanya.

Tahun lalu, American Academy of Pediatrics (AAP) merilis pernyataan yang memperingatkan orang tua agar tidak membeli set magnet berbahaya untuk anak-anak mereka.

"Tidak seperti biasanya yang ditemukan di lemari es, set magnet ini terdiri dari bola magnet kecil yang seringkali terdapat 200 atau lebih untuk satu set," AAP memperingatkan.

Dalam pernyataan itu juga disebutkan bahwa ketika dua atau lebih magent tertelan, daya tariknya memungkinkan mereka untuk bertemu satu sama lain sehingga ini bisa menimbulkan komplikasi dan cedera yang parah.

Untuk itu, sebagai orangtua, sebaiknya harus perhatikan barang apa yang diberikan pada anak, jangan sampai yang berbahaya bagi keselamatannya.

Berita Terkait

Berita Terkini