Anak

Diberi Susu Formula dari Kentang, Bayi 5 Bulan Ini Hampir Mati Kelaparan

Ironisnya, orang tuanya yang merupakan seorang vegetarian yang melakukannya.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi bayi dirawat. (Unsplash/Hush Naidoo)
Ilustrasi bayi dirawat. (Unsplash/Hush Naidoo)

Himedik.com - Sah-sah saja menjadi vegan. Selain menyehatkan, itu juga membantu menurunkan berat badan. Namun, apa jadinya jika pola hidup vegan ini diterapkan juga pada bayi?

Diberitakan oleh New York Post, pasangan vegan yang fanatik ini dituduh hampir membuat bayi mereka mati kelaparan dengan diduga memberinya susu formula yang dibuat dari kentang.

Ketika diselamatkan oleh petugas, bayi yang baru berusia 5 bulan itu kondisinya sangat menyedihkan. Tubuhnya kurus, matanya terlihat cekung, dan tulang rusuknya terlihat jelas. Bahkan beratnya hanya 8 pon lebih 8 ons yang mana satu pon lebih rendah dari beratnya saat lahir.

Dokumen pengadilan mengatakan bahwa bayi itu juga sangat mengantuk, dehidrasi, dan kurang gizi yang menyebabkan suhu serta kadar gula tidak menentu.

Julia French, 20, dan Robert Buskey, 31, telah didakwa dengan kelalaian dan dapat menghadapi dakwaan lebih lanjut.

Ilustrasi susu bayi. (pixabay/Foundry)
Ilustrasi susu bayi. (pixabay/Foundry)

 

Bayi itu sekarang dalam masa pemulihan di rumah sakit Florida sementara orang tuanya ditahan di Penjara Brevard County. Semenjak dirawat, berat badannya sudah bertambah setengah pon.

Namun, ada kekhawatiran bahwa kekurangan makanan yang layak dalam lima bulan pertama kehidupannya dapat meninggalkan dampak yang berkepanjangan.

Polisi mengatakan bahwa pasangan itu, yang menggambarkan diri mereka sebagai vegan, tidak dapat menjelaskan mengapa mereka mengubah susu formula organik menjadi susu yang berbasis kentang.

Berita Terkait

Berita Terkini