Anak

Diperkosa Kakek, Siswi SD Baru Sadar Setelah Belajar Edukasi Seksual

Pendidikan seks juga penting untuk mencegah penyakit menular seksual.

Vika Widiastuti | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Ilustrasi edukasi seksual - (Shutterstock)
Ilustrasi edukasi seksual - (Shutterstock)

Himedik.com - Seorang bocah perempuan 11 tahun diperkosa kakeknya sendiri. Namun, ia baru menyadarinya setelah satu tahun lebih karena belajar pendidikan seksual.

HiMedik.com mengutip World of Buzz, Sabtu (23/3/2019), sekolah di Kota Kinabalu, Malaysia, tempat siswi SD kelas 5 itu belajar, memberikan murid-muridnya edukasi seksual.

Berkat pelajaran itu, dilaporkan The Star, korban baru menyadari dirinya telah diperkosa oleh kakeknya sendiri selama lebih dari setahun. Sebelumnya ia tak pernah memberi tahu siapa pun tentang kejadian itu karena dia tidak tahu itu perbuatan yang salah.

Setelah korban menceritakan insiden itu kepada gurunya, pelaku dilaporkan lalu ditangkap polisi. Kakek berusia 50 tahun itu telah dijatuhi hukuman 27 tahun penjara pada Kamis (21/3/2019) kemarin.

Ilustrasi kekerasan seksual pada anak - (Shutterstock)
Ilustrasi kekerasan seksual pada anak - (Shutterstock)

 

Presiden Sabah Women's Action Resoures Group (SAWO) Winnie Yee mengatakan bahwa insiden itu membuktikan betapa pentingnya pendidikan seksual, yang menurutnya harus diterapkan di semua sekolah.

"Kami sekarang sedang berupaya agar Departemen Pendidikan negara bagian memperluas pendidikan seks ke semua sekolah di Sabah," ujar Winnie. "Setiap sekolah harus memiliki orang yang dapat menangani dan berbicara tentang masalah ini."

Selain itu, mengingat adanya peningkatan seks remaja di Malaysia, Winnie mengutip sebuah laporan yang diterbitkan oleh UNICEF yang menyatakan bahwa beberapa anak muda (di Malaysia) bereksperimen dengan narkoba dan melakukan hubungan seks tanpa kondom.

"Ini meningkatkan risiko kehamilan yang tidak diinginkan serta tertular HIV, hepatitis, dan penyakit menular seksual lainnya," tambah Winnie.

Berita Terkait

Berita Terkini