Anak

Ngeri! Bermain Tanpa Alas Kaki di Kandang Babi, Bocah Ini Kena Infeksi Kutu

Kakinya dipenuhi bintik hitam kecil yang sangat mengganggu.

Vika Widiastuti

Ilustrasi telanjang kaki. (Pixabay/elenute20030)
Ilustrasi telanjang kaki. (Pixabay/elenute20030)

Himedik.com - Alas kaki tak hanya berguna untuk menunjang penampilan, tetapi juga melindungi kaki, misalnya dari duri tajam atau parasit berbahaya.

Seperti yang dialami oleh seorang bocah perempuan berusia 10 tahun yang mengeluh kakinya berwarna kecoklatan dan sangat gatal setelah bermain di kandang babi tanpa menggunakan alas kaki. Sebelum didiagnosis menderita tungiasis, bocah perempuan itu memang mengeluhkan rasa gatal dan sakit di bagian telapak kakinya.

Ketika berkonsultasi ke dokter, bocah itu ternyata terinfeksi kutu parasit pasir. Hal itu menyebabkan kakinya dipenuhi bintik hitam kecil yang sangat mengganggu. Dokter kemudian mengeluarkan kutu pasir dari bawah kaki bocah itu.

Ilustrasi pakai sandal (Pixabay/jrosenda)
Ilustrasi pakai sandal (Pixabay/jrosenda)

Tungiasis sendiri merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh kutu pasir betina, yang bersembunyi di kulit. Sebagian besar kasus tungiasis menyerang bagian jari kaki, telapak kaki, tepi kaki dan tumit, dengan gejala gatal-gatal dan iritasi.

Dalam kasus bocah itu, dokter merawat luka-lukanya setelah kutu dilepas, dan kakinya sembuh tanpa komplikasi. Jadi tak ada alasan untuk tidak menggunakan alas kaki saat berada di luar ruangan, ya! (Suara.com/Firsta Nodia)

Berita Terkait

Berita Terkini