Anak

Gara-Gara Pasta Gigi, Bibir Bocah 11 Tahun Membiru Sebelum Akhirnya Tewas

Denise Saldate meninggal dua hari setelah dilarikan ke rumah sakit.

Agung Pratnyawan | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Ilustrasi pasta gigi - (Pixabay/PhotoMIX-Company)
Ilustrasi pasta gigi - (Pixabay/PhotoMIX-Company)

Himedik.com - Seorang bocah perempuan di California, Denise Saldate (11), tewas setelah bibirnya sempat membiru gara-gara pasta gigi.

Ibunya, Monique Altamirano, menceritakan kejadian itu. Ia menekankan betapa pentingnya membaca label komposisi.

Monique mengungkapkan, putrinya menderita reaksi alergi fatal yang diduga dipicu oleh pasta gigi barunya. Dikutip dari Fox News, Sabtu (20/4/2019), ia menyebutkan, Denise punya alergi susu.

Menurut penuturan Monique, putrinya sudah menjadi klien ahli alergi sejak berusia 1 tahun, sehingga keluarga selalu membaca label untuk memastikan segala produk aman untuknya.

Namun pada awal April kemarin, setelah Denise menggunakan pasta gigi resep baru saat gosok gigi, tragedi menimpanya.

Ilustrasi bocah gosok gigi - (Pixabay/jennyfriedrichs)
Ilustrasi bocah gosok gigi - (Pixabay/jennyfriedrichs)

 

"Dia berkata, 'Sepertinya aku punya alergi pasta gigi,' dan bibirnya sudah biru," terang Monique kepada Allergic Living. "Aku langsung membawanya ke tempat tidurku. Aku berlari ke ruang tamu, memberi tahu putriku yang lain, 'Telepon 911,' dan aku mengambil EpiPen. "

Ia memberikan EpiPen dan inhaler kepada Denise sebelum diinstruksikan oleh operator 911 untuk melakukan CPR. Denise lalu dilarikan ke rumah sakit, tetapi kemudian meninggal dua hari kemudian.

Denise dilaporkan memakai pasta gigi MI Paste ONE, yang telah memuat label peringatan tentang bahan yang mengandung protein susu, tetapi tidak ada seorang pun anggota keluarga yang melihatnya.

"Baca semuanya," tegas Monique. "Jangan meremehkan, hanya karena Anda telah melaluinya selama beberapa tahun. Jangan malu untuk bertanya dan memastikan bahwa bahan-bahannya cocok semua."

Berita Terkait

Berita Terkini