Anak

2 Kesalahan Pola Asuh yang Kerap Dilakukan Orang Tua Zaman Now, Cek Yuk!

Ada beberapa kesalahan yang dilakukan orang tua zaman now dalam mengasuh buah hatinya, simak yuk!

Vika Widiastuti

Ilustrasi anak kesepian. (Pixabay/FeeLoona)
Ilustrasi anak kesepian. (Pixabay/FeeLoona)

Himedik.com - Mengasuh anak menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi orang tua. Terlebih lagi, perempuan di zaman now tak hanya berperan sebagai istri atau ibu, tetapi juga wanita karir.

Itu sebabnya menurut Chitra Annisya, M.Psi selaku Psikolog Anak dari Tiga Generasi, ada beberapa kasalahan yang dilakukan orang tua zaman now dalam mengasuh buah hatinya.

Pertama kata dia adalah menularkan energi negatif yang dirasakan orang tua sepulang kerja pada si kecil. Menurut Chitra sebagian besar orang tua tak sadar bahwa pengalaman negatif yang ditemuinya saat berada di luar rumah bisa memengaruhi tumbuh kembang si kecil.

"Pulang kantor macet, sampai rumah masih ada bau-bau jalanan macet, stres, terus main sama anak. Akibatnya anak kena cipratan energi negatif yang ada di luar sehingga anak terpapar energi yang buruk," ujar Chitra di sela-sela temu media Zwitsaland di Gandaria City, Sabtu (20/4/2019) diberitakan Suara.com.

Chitra Annisya, M.Psi - psikolog anak [Suara.com/Firsta]
Chitra Annisya, M.Psi - psikolog anak [Suara.com/Firsta]

Menurut Chitra, orang tua sebaiknya harus lebih peka. Jangan sampai ikatan emosional dengan anak terganggu. Ia mengimbau agar orang tua menyiapkan diri terlebih dulu untuk hadir sepenuhnya bersama anak dengan membersihkan diri terlebih dulu atau makan malam sebelum menghabiskan waktu bersama si kecil.

"Sampai di rumah orang tua bisa cuci muka dulu, makan dulu, sehingga kondisi saat bersama anak lebih optimal. Anak juga merasa oh ayah dan ibu benar-benar fokus ke saya," imbuhnya.

Selanjutnya kesalahan lain yang juga kerap dilakukan para orangtua adalah bermain gawai saat sedang bersama si kecil. Hal ini membuat orang tua tak sepenuhnya fokus saat bersama si kecil. Sehingga meski fisik bersama anak, namun orang tua tak maksimal dalam memberikan perhatiannya.

"Jangan bermain gadget karena orangtua jadinya tidak hadir fokus untuk anak. Asyik dengan gadget sendiri atau sambil mengurusi kerjaan lain itu fisik di situ tapi pikiran nggak sama anak," tandasnya. 

(Suara.com/Firsta Nodia)

Berita Terkait

Berita Terkini