Anak

Studi Ungkap Anak Pakai Sepatu Kotor di Dalam Ruangan Kurangi Risiko Asma

Peneliti lain juga menambahkan bahwa bakteri di luar ruangan yang berguna untuk menurunkan risiko asma.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi sepatu kotor anak. (Pixabay/distel2610)
Ilustrasi sepatu kotor anak. (Pixabay/distel2610)

Himedik.com - Sebagian besar orang tua akan marah saat anaknya pulang dan masuk rumah memakai sepatu kotor. Etts padahal hal ini justru menurunkan anak-anak terkena asma

Sebuah penelitian menemukan anak-anak berisiko kecil mengalami masalah paru-paru jika bakteri di rumahnya sama seperti area peternakan.

Para ilmuwan pun mengatakan bahwa sejumlah organisme tertentu yang ditemukan di tanah dapat membantu membangun ketahanan tubuh anak-anak.

Sejumlah peneliti dari Institut Nasional Kesehatan dan Kesejahteraan di Finlandia pun telah menganalisis sejumlah bakteri di 1.400 rumah di Finlandia dan Jerman.

Hasilnya, paparan terhadap sejumlah besar spesies bakteri yang biasanya berada di luar rumah membuat paru-paru anak lebih sehat.

Penyakit Asma (Shutterstock)
Penyakit Asma (Shutterstock)

 

"Sangat menarik melihat seberapa besar efek perlindungan mikrobiota dalam ruangan terhadap besarnya risiko asma," kata Profesor Juha Pekkanen dikutip dari Daily Mail.

Peneliti lain juga menambahkan bahwa bakteri di luar ruangan yang berguna untuk menurunkan risiko asma termasuk bakteri yang tidak berbahaya bagi kesehatan.

Karena itu, anak-anak yang tidak di daerah perkotaan lebih berisiko terkena asma karena sulit mendapatkan bakteri peternakan ini.

Selain itu, mereka juga menemukan anak-anak yang memiliki banyak saudara kandung juga berisiko kecil menderita asma.

Berita Terkait

Berita Terkini